Advertorial

Pilkades Serentak di Ponorogo, Sugiri Sancoko : Kades Siap Kalah Siap Menang

Ponorogo (beritajatim.com) – Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak kurang sehari lagi. Persiapan mulai dari logistik hingga pengalaman sudah dilakukan, tinggal pelaksanaannya nanti pada tanggal 22 November 2022.

Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko menyebut, harga sebuah kedamaian, suasana kondusif dan teduh itu mahal dari apapun. Sehingga, supaya pelaksanaan Pilkades serentak nanti berjalan lancar dan kondusif.

Perlu usaha untuk memastikan kegiatan pesta demokrasi di desa-desa itu aman. Salah satunya dengan melakukan apel pergeseran pasukan untuk keamanan Pilkades serentak.

“Kita lakukan pergeseran pasukan ini bukan berarti khawatir tidak damai. Tetapi memastikan keamanannya supaya jalannya Pilkades nanti kondusif, terjaga dan presisi,” ungkap Bupati Sugiri Sancoko, usai melakukan apel pengamanan Pilkades serentak di Jalan Alun-alun Utara, Senin (21/11/2022).

Kang Giri sapaan karib Sugiri Sancoko mengatakan bahwa sebelum tahapan pengundian nomor urut, pihaknya sudah mengumpulkan semua calon kepala desa (cakades). Mereka dikumpulkan untuk diberi pemahaman untuk menjadi politisi negarawan. Artinya, dalam kontestasi nanti harus siap kalah siap menang.

“Kita beri pemahaman menjadi politisi negarawan. Harus siap kalah siap menang. Sebab itu semua adalah amanah dari rakyat,” kata Sugiri.

Menurut Sugiri dalam Pilkades serentak ini tidak ada desa yang rawan. Ia menganggap bahwa cakades semuanya sudah dewasa. Sehingga tidak perlu yang dikhawatirkan. Selain itu, pelaksanaan Pilkades sekarang beda dengan dulu. Dia menyebut bahwa Pilkades serentak ini tidak ada judinya, sehingga ia berharap bisa berjalan lancar dan damai.

“Ponorogo tidak ada yang rawan, semua sudah dewasa. Juga tidak ada botoh (penjudi-red), soalnya ini kota santri,” pungkasnya.

Tercatat ada ribuan personel yang diturunkan oleh pihak kepolisian dalam pengamanan Pilkades serentak. Mereka disebar ke 23 desa yang besok melaksanakan Pilkades serentak.

“Semua kita amankan, tidak ada tebang pilih. Kalau lokasinya jauh akan ditambah pengamanannya,” kata Kapolres Ponorogo AKBP Catur Cahyono Wibowo.

Petugas keamanan ini sudah mulai bekerja pada hari ini. Pasukan keamanan ini merupakan personel gabungan dari polisi, TNI dan Satpol PP. Mereka jaga sampai besok, hingga penyelenggaraan Pilkades selesai.

Senada dengan Bupati Ponorogo, Catur menyebut bahwa dalam Pilkades serentak tidak ada tempat yang rawan.

“Kita hanya memastikan pelaksanaan Pilkades kondusif dan mendapatkan Kades terbaik,” pungkasnya. (End)

Apa Reaksi Anda?

Komentar