Advertorial

‘Bekerja Keras untuk Bangkit dan Maju’ Jadi Tema Peringatan Hari Jadi ke-729 Kabupaten Mojokerto

Caption : Bupati Mojokerto, Ikfina Fatmawati bersama Wakil Bupati Muhammad Al Barra dan Dandim 0815 Letkol Inf Beni Asman, Kapolres Mojokerto AKBP Apip Ginanjar serta Kajari Kabupaten Mojokerto, Gaos Wicaksono.

Mojokerto (beritajatim.com) – Upacara Peringatan Hari Jadi ke-729 Kabupaten Mojokerto Tahun 2022 Mengusung Tema ‘Bekerja Keras untuk Bangkit dan Maju’. Hal ini tidak lepas peringatan moment Hari Jadi di tengah pandemi Covid-19. Dalam segala keterbatasan akibat pandemi Covid-19, Kabupaten Mojokerto mampu menjawab berbagai tantangan dan permasalahan yang ada dalam masyarakat.

Upacara yang digelar di halaman Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto, Senin (9/5/2022) dibuka dengan tarian kolosal ‘Penobatan Tribuana Tungga Dewi’ dilanjutkan penyerahan beberapa penghargaan. Penghargaan Wijna Mantri Wira atas dedikasi dalam membantu Pemkab Mojokerto mengendalikan pandemi Covid-19 kepada Dandim 0815 Letkol Inf Beni Asman, Kapolres Mojokerto AKBP Apip Ginanjar dan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Mojokerto, Gaos Wicaksono.

Penghargaan Desa lunas PBB sebelum Peringatan Hari Jadi Kabupaten Mojokerto 2022. Kecamatan Pacet yakni Desa Wiyu, Desa Nogosari, Desa Candiwatu dan Desa Padusan. Kecamatan Gondang yakni Desa Begaganlimo, Desa Dilem, Desa Jatidukuh dan Desa Gumeng. Kecamatan Ngoro yakni Desa Sukoanyar, Desa Tambakrejo dan Desa Sedati.

Kecamatan Bangsal yakni Desa Puloniti, Desa Gayam dan Desa Tinggarbuntut. Kecamatan Mojosari yakni Kelurahan Mojosari dan Kelurahan Kauman. Kecamatan Dawarblandong yakni Desa Dawarblandong dan Desa Randegan. Kecamatan Sooko yakni Desa Brangkal. Kecamatan Mojoanyar yakni Desa Kwatu. Kecamatan Pungging yakni Desa Jabon Tegal.

Kecamatan Kutorejo yakni Desa Karangasem dan Kecamatan Jatirejo yakni Desa Jembul. Penghargaan lomba kebersihan kantor yakni RSUD RA Basoeni, Kantor Kecamatan Jetis dan Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setdakab Mojokerto. Lomba Desa sekaligus Lomba 10 Program Pokok PKK yakni Desa Gunungsari Kecamatan Dawarblandong, Desa Wonosari Kecamatan Ngoro dan Desa Penanggungan Kecamatan Trawas.

Penghargaan DWP Unit Pelaksana (UP) yakni Mufrida Hidayati DWP UP Dinas Lingkungan Hidup, dengan usaha jamu kunir asem di Dusun Sukorejo Desa Tampungrejo Kecamatan Puri. Umi Kholifa DWP UP DPRKP2 dengan usaha tempe di Kemlagi Timur RT 02 RW 03 Kecamatan Kemlagi dan Maria Hadi DWP UP Kecamatan Gedeg dengan usaha catering di Dusun Lespadangan Terusan Kecamatan Gedeg.

Terkait dengan pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Mojokerto meraih 11 penghargaan dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Perolehan Penghargaan tersebut antara lain, Penghargaan sebagai Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tahun 2021 dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur.

Penghargaan opini WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2021 di Gedung Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Jawa Timur di Sidoarjo. Penghargaan opini WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2021 dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan opini WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2021 dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Penghargaan diserahkan di Banyuwangi. Penghargaan Kabupaten Mojokerto Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) 2021 kategori Madya. Penghargaan Penilaian Sistem Merit dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), dengan raihan skor mencapai 263 atau berpredikat Baik. Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2021 kategori Madya.

Penghargaan dari Harian Surya, atas kerja keras menangani pandemi Covid-19. Yakni angka Case Fatality Rate (CFR) atau tingkat kematian yang rendah, serta Case Recovery Rate (CRR) atau tingkat kesembuhan yang tinggi. Penghargaan diberikan dalam acara Awarding Jatim Covid-19 Heroes sekaligus talkshow virtual, dalam rangka HUT Harian Surya ke-32.

Penghargaan Top 30 Inovasi Pelayanan Publik 2021, atas inovasi PERMEN SI MELA (Persalinan Aman, Siap, Sigap Melayani). Penghargaan Anugerah Meritokrasi 2021 dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), di Grand Ballroom Hotel Westin Surabaya. Penghargaan TOP BUMD AWARDS 2022, antara lain, TOP Pembina BUMD 2022 (Bupati Mojokerto), TOP BUMD Awards 2022 BPR Bintang 4 (PT. BPR Majatama) dan TOP CEO BUMD 2022 (Dirut PT.BPR Majatama)

Selain penghargaan prestasi tersebut, dari sisi Realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Mojokerto pada tahun 2021 juga cukup memberikan hasil yang baik, tercatat realisasi PAD Kabupaten Mojokerto melampaui target, yang bersumber dari pajak daerah dan retribusi daerah mencapai total Rp625,4 miliar rupiah dengan target senilai Rp540,1 miliar rupiah atau tercapai sekitar Rp115,79 persen.

Pendapatan Transfer realisasi Rp1.892 triliun rupiah, melampaui target Pendapatan Transfer Pemerintah Pusat senilai Rp1.791 triliun rupiah atau sekitar 105,6 persen. Dan Lain-lain PAD yang sah realisasi sekitar 107,7 persen, atau Rp89.190 miliar rupiah dengan target Rp82.844 miliar rupiah. Di samping berbagai prestasi tersebut, Kabupaten Mojokerto meresmikan sejumlah proyek.

Antara lain pelebaran ruas jalan Gumeng Kemasantani, Kecamatan Gondang (Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang), pelebaran ruas jalan Temuireng Gunungan, Kecamatan Dawarblandong (Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang), pembangunan Kantor Desa Kupang, Kecamatan Jetis (Bantuan Keuangan Desa, Bagian Administrasi Pembangunan).

Pembangunan Poli Eksklusif Rumah Sakit Prof Dr Soekandar, Kecamatan Mojosari dan juga peresmian kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT. Alu Aksara Pratama, Perning, Kecamatan Jetis terhadap pembangunan Jalan Cor Perning – Kepuhklagen, Pembangunan Halaman, Jalan dan Pagar pada SDN Perning Kecamatan Jetis.

Usai arahan dari Bupati Mojokerto, dilanjutkan transaksi online pembelian produk unggulan Kabupaten Mojokerto dalam event ‘Mojopromo 2022’ melalui laman tumbas.mojokertokab.go.id yang digagas oleh Disperindag Kabupaten Mojokerto. Acara dilanjutkan prosesi potong tumpeng bersama Forkopimda Kabupaten Mojokerto.

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati mengatakan, tema Peringatan Hari Jadi Kabupaten Mojokerto tahun 2022 ini adalah ‘Bersama Bekerja Keras Untuk Bangkit dan Maju’. “Tema tersebut mengandung harapan agar mayarakat bekerja keras bersama sama untuk bangkit berdampingan dengan Covid 19. Sehingga dapat terwujud Kabupaten Mojokerto yang maju, adil dan makmur melalui penguatan infrastruktur dan peningkatan kualitas SDM,” ungkapnya.

Melalui momentum Hari Jadi Kabupaten Mojokerto ke 729 tahun 2022 ini, lanjut Bupati perempuan di Kabupaten Mojokerto ini, diperlukan formula dan strategi yang tepat dan akurat dengan dilandasi semangat kekompakan dan kebersamaan, persatuan dan kesatuan. Serta keteladanan dan kearifan guna mensukseskan berbagai program Pemerintah Kabupaten Mojokerto.

“Untuk merealisasikan hal tersebut, diperlukan kualitas kerjasama yang harmonis dan sinergitas antara legislatif dan eksekutif, serta partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat (stakeholders) lokal dalam proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembangunan. Selain itu, terkait dengan pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Mojokerto, saya merasa bangga,” katanya.

Karena berkat kerja keras bersama dan dukungan seluruh masyarakat Kabupaten Mojokerto, pada periode 2021-2022, Pemkab Mojokerto telah berhasil memperoleh 11 penghargaan dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Bupati mengucapkan terima kasih kepada Perangkat Daerah dan seluruh pihak terkait yang telah membantu mewujudkan berbagai kegiatan pembangunan di Kabupaten Mojokerto.

Turut hadir, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari, Wakil Bupati Muhammad Albarraa didampingi Ketua TP PKK Shofiya Hanak Albarraa, Sekdakab Teguh Gunarko didampingi Ketua DWP Devi Teguh Gunarko, Forkopimda beserta Ibu, Pimpinan DPRD, Ketua Komisi dan Ketua Fraksi, Kepala OPD, Pimpinan Bank Jatim dan Dewan Kesenian Kabupaten Mojokerto. [tin/adv]


Apa Reaksi Anda?

Komentar