Selasa, 11 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

Smartphone Android Bisa Dioperasikan dengan Suara

Minggu, 07 Oktober 2018 16:55:49 WIB
Reporter : -
Smartphone Android Bisa Dioperasikan dengan Suara

San Francisco (beritajatim.com) - Google resmi meluncurkan Voice Access, sebuah aplikasi yang memungkinkan pengguna smartphone Android untuk bisa mengontrol perangkatnya dengan perintah suara.

Menurut Google, perintah suara yang didukung oleh Voice Access sama dengan perintah suara yang didukung speaker pintar Google Home.

Layanan ini diluncurkan untuk mempermudah pengguna smartphone Android yang memiliki keterbatasan, seperti tidak bisa mengoperasikan perangkat dengan tangan atau jari.

Mengutip Slash Gear, beberapa tugas yang bisa dilakukan Voice Access misalnya membuat pesan, berbicara ke Google Assistant, menyalakan sambungan WiFi, dan membuka aplikasi.

Saat pengguna meminta Voice Access untuk membuka aplikasi tertentu, Google akan membuka aplikasi yang diminta, lalu Voice Access akan menjalankannya.

Setelah aplikasi terbuka, akan muncul opsi tambahan. Opsi tersebut bisa memerintahkan Voice Access untuk kembali ke layar Home dengan mengucap 'Go Home' atau terus menggulir layar dengan perintah 'Scroll Forward'.

Untuk membuka aplikasi, terdapat nomor yang tertera di sebelah ikon untuk memudahkan perintah. Misalnya, mengucapkan 'Nine' untuk memilih item buka aplikasi 'Hangs Out' yang dibubuhi angka '9' di sebelahnya.

Maka, Voice Access akan membuka aplikasi 'Hangs Out' sesuai perintah yang diterima. Sehingga, pengguna bisa memilih untuk mengucapkan perintah dengan menyebut nama aplikasinya, atau hanya menyebutkan nomor.

Selain itu, Voice Access juga bisa diperintah untuk menutup aplikasi, menghapus kesalahan di perangkat, dan perintah lain yang biasanya membutuhkan sentuhan jari untuk pengoperasiannya.

Sayangnya, Voice Access ini baru mendukung format Bahasa Inggris saja. Namun, Google berencana untuk menambah bahasa lain di masa mendatang. [inilah.com]

Tag : smartphone

Komentar

?>