Kamis, 20 September 2018

Anggota Banser Ini Terima Rp 5 Juta dari Google per Bulan

Sabtu, 03 Maret 2018 21:29:37 WIB
Reporter : Ribut Wijoto
Anggota Banser Ini Terima Rp 5 Juta dari Google per Bulan

Banyumas (beritajatim.com) - Agus Uan Sutanto (37) seorang kader Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) asal Desa Pandansari Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas tak pernah menyangka jika hobinya membuat video lagu anak-anak akan berubah menjadi berkah tersendiri untuk dirinya.

Melalui channel Lagu Anak di sebuah situs berbagi video bernama youtube yang ia kelola selama 5 tahun itu, ia berhasil meraup penghasilan Rp 5-6 Juta dari Google Adsense per bulannya.

Ia mengaku, awalnya hanya sekadar iseng dan hobi saja membuat video lagu anak, lalu mengunggahnya di youtube.

"Awalnya saya hanya iseng untuk menuruti keinginan anak saya yang minta diputarkan lagu anak-anak," kata Agus ketika menjadi pembicara sebuah forum diskusi yang diselenggarakan oleh Sekolah Rakyat Luar Kotak di Warung Kebon Wasiyat Ajibarang, beberapa hari lalu.

Selain itu, ia juga tak pernah sedikitpun kepikiran akan mendapat keuntungan dari video yang ia buat tersebut.

"Niat awal saya lillahi ta'ala, ingin melestarikan lagu untuk anak-anak yang semakin hari semakin jarang kita dengarkan," tambah pria yang juga aktif sebagai pengurus GP Ansor Ajibarang itu.

Pada awal tahun 2014 ia mendapatkan sebuah surat berbahasa inggris dari Google yang berpusat di Irlandia yang isinya pemberitahuan untuk mencairkan pendapatan yang ia peroleh. Sejak saat itu ia semakin rajin membuat video dan mengunggahnya di youtube.

Agus berpendapat, menurutnya selama ini media sosial (internet) telah berubah menjadi sebuah pasar atau industri yang bisa menjadi sangat menguntungkan. Mirisnya, itu dilakukan oleh orang-orang di luar kita, lebih miris lagi jika digunakan untuk menyebarkan konten-konten hoaks atau yang bertentangan dengan kita.

Dari hal tersebut, Agus mengajak generasi muda NU untuk mulai bermain media social, bukan untuk mencari keuntungan, tetapi menyebarkan kebaikan.

"Keuntungan itu bonus, dari hasil jerih ikhlas kita yang lillahi ta'ala," kata Wakil Ketua GP Ansor Ajibarang itu. [but]

Sumber: nu.or.id

Tag : media sosial

Komentar

?>