Kamis, 18 Oktober 2018

Refleksi Akhir Tahun Duta Damai

Sebar Virus Perdamaian Lewat Dunia Maya

Kamis, 28 Desember 2017 01:04:35 WIB
Reporter : Lucky Aditya Ramadhan
 Sebar Virus Perdamaian Lewat Dunia Maya

Malang (beritajatim.com) - Puluhan pemuda yang tergabung dalam duta damai menggelar refleksi akhir tahun. Kegiatan ini diselenggarakan di Aula Polres Malang Kota, Rabu (27/12/2017). Duta damai merupakan binaan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Selain bergerak di dunia maya untuk menebar virus perdamaian, ia juga turut membangun perdamaian di akar rumput secara masif. Dengan menyelenggarakan pentas seni untuk rakyat, dialog kebangsaan dan doa bersama.

Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri mengatakan, pihaknya sudah merencanakan beberapa program kerja salah satunya adalah membentuk polisi di lingkup tiap RW. Polisi itu nantinya ditugaskan mendekati para tokoh di wilayah tersebut, agar pendekatan di lapisan masyarakat dapat berjalan dengan baik.

"Selain itu, ada kerja siber. Agar media digital atau sosmed mempunyai nilai positif. Sisi positifnya adalah kita bisa melihat tindakan-tindakan atau kegiatan yang dilakukan polisi dan TNI itu apa saja. Sehingga polri dan TNI bisa bekerja sama dan lebih bisa mendampingi berbagai lapisan masyarakat," papar Asfuri.

Menurut Asfuri dunia maya juga dapat membahayakan, apabila para pemuda atau pengguna media banyak yang tidak terkontrol. Sehingga dapat menyebar informasi hoax, tanpa diteliti dan ditelusuri kebenarannya.

"Harapannya adalah masyarakat bisa turut aktif memerangi terorisme dan radikalisme. Melalui lingkungan atau dunia maya dengan cara cerdas bermedia. Selalu mengkonfirmasi berita hoax dan menebar perdamaian," kata Asfuri.

Koordinator Duta Damai Kota Malang, Abdik Maulana mengapresiasi pemaparan Kapolres Malang Kota. Gagasan Asfuri dianggap sesuai dengan tema 'Bersama Merajut Simpul-Simpul Perdamaian.

"Oleh karena itu, harapan besar acara ini agar kita bisa terus bergotong royong membangun kerja perdamaian. Baik di dunia maya ataupun di lingkungan kita semua," tandas Abdik Maulana. [luc/suf]

Tag : sosial media

Komentar

?>