Selasa, 24 April 2018

D-NET dan Facebook Targetkan Seribu Titik Express Wifi

Senin, 20 Nopember 2017 06:38:27 WIB
Reporter : Fahrizal Tito
D-NET dan Facebook Targetkan Seribu Titik Express Wifi

Surabaya (beritajatim.com) - Targetkan 1.000 titik layanan internet di kawasan pinggiran kota yang kurang dijangkau jaringan internet, perusahaan penyedia jasa internet PT Dutakom Wibawa Putra (D-net) menggandeng Facebook meluncurkan layanan express wifi di Convention Center Tunjungan Plaza III Surabaya, Minggu (19/11/2017) malam.

"Kami tergetkan hingga akhir 2018 nanti sudah ada 1.000 titik express wifi yang sudah terpasang di seluruh Jawa Timur. Kemarin kita baru saja memasang beberapa titik layanan di Surabaya, salah satunya di kawasan Pogot dan Pandegiling," tutur CEO PT Dutakom Wibawa Putra (D-net), Caroline Gondokusumo.

Ia berharap dengan rencana disediakannya wifi yang cepat dan dengan harga terjangkau itu supaya mendukung kemajuan e-commerce atau pelaku star-up yang ada di Indonesia.

"Kami berharap dengan Expresswifi ini semakin banyak orang yang bisa terkoneksi ke internet khususnya masyarakat di area yang dulunya sulit mengaksesnya. Sehingg mereka dapat memanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari seperti berjualan online, mengamati harga pasar bahan baku, update berita, dan bagi para siswa dapat menambah ilmu dan membuka jendela pengetahuan mereka dengan dunia luar," tutur Caroline Gondokusumo.

Ia mengungkapkan, selama ini pihaknya juga sudah melakukan survei bersama Facebook untuk menentukan daerah mana yang memiliki sinyal internet lemah. Selain di Surabaya, expresswifi juga akan dipasang di sejumlah titik, baik di Mojokerto dan di Bromo.

"Program ini sebenarnya sudah kami uji coba tahun 2015 di Bromo dan hasilnya bagus. Tahun 2018 kami menargetkan 1000 titik di Jatim," katanya.

Diketahui, proyek penyediaan expresswifi facebook ini sudah terealisasi di beberapa negara yakni Tanzania, Kenya, India, Nigeria, dan Indonesia.

Dalam kesempatan peluncuran yang juga bertepatan dengan id.connect atau kompetisi digital startup itu Caroline mengatakan, program ini dilakukan non profit untuk mensuport jaringan internet. Penjualan voucher expresswifi nantinya juga melibatkan warung kopi dan toko-toko kelontong di daerah tersebut.

Hal senada juga dikatakan Munish Seth, Kepala Regional-APAC, Express Wifi Facebook. Ia mengatakan bahwa ekspansi ini merupakan langkah menuju pencapaian tujuan bersama yakni mengurangi hambatan terhadap konektivitas dan memberi lebih banyak orang di Indonesia akses ke internet yang cepat dan terjangkau.

"Kami sangat senang kamitraan kami dengan D-NET karena progres kerjasama Express wifi ini bisa melayani banyak orang di Indonesia," tandas Munish Seth. [ito/suf]

Tag : internet

Komentar

?>