Selasa, 26 September 2017

Dapat Izin, Apple Siap Uji Coba Teknologi 5G

Minggu, 30 Juli 2017 12:45:00 WIB
Reporter : -
Dapat Izin, Apple Siap Uji Coba Teknologi 5G

Jakarta - Apple mendapat izin dari Federal Communications Commission (FCC) untuk menguji teknologi koneksi seluler generasi ke-5 alias 5G, yang akan dilakukan di spektrum 28 GHz dan 39 GHz.

Spektrum tersebut memang dialokasikan oleh FCC untuk perusahaan-perusahaan yang ingin menguji teknologi 5G. Wajar saja jika Apple ingin cepat-cepat menguji teknologi tersebut, karena mereka adalah salah satu pemain utama di bisnis ponsel pintar di dunia saat ini.

Lisensi untuk eksperimen ini sebelumnya sudah diajukan oleh Apple, yang tujuannya adalah 'memberikan data engineering yang relevan untuk operasi perangkat pada operator nirkabel', atau secara singkat mempersiapkan iPhone dengan teknologi 5G di masa yang akan datang.

Uniknya, frekuensi yang digunakan Apple untuk menguji 5G berbeda jauh dengan frekuensi yang akan dipakai oleh dua operator seluler di Amerika Serikat. Sprint contohnya, mengaku akan memanfaatkan frekuensi 2,5 GHz dan T-Mobile memanfaatkan frekuensi lebih rendah, yaitu 600 MHz.

Namun perlu dicatat, sampai saat ini belum ada standardisasi soal teknologi 5G. Jadi belum ada kepastian soal frekuensi yang nantinya akan digunakan, atau malah bisa juga mengkombinasikan frekuensi rendah dengan tinggi untuk mendapat kualitas koneksi yang lebih baik, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Minggu (30/7/2017). [kun]

Tag : apple

Komentar

?>