Rabu, 26 Juli 2017

Komputer Fakultas Teknologi Pertanian Unej Juga Terserang Wannacry

Selasa, 16 Mei 2017 19:04:05 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan

Jember (beritajatim.com) - Unit Pelayanan Teknis Perpustakaan Universitas Jember bukan satu-satunya yang terkena virus Wannacry. Komputer Fakultas Teknologi Pertanian juga terserang virus tersebut.

"Satu komputer di Bagian Umum FTP terserang. Akhirnya server FTP di-shutdown sementara, sebagai langkah antisipasi agar virus tak meluas," kata Kepala Humas dan Protokoler Unej Agung Purwanto, Selasa (16/5/2017).

Untunglah, lanjut Agung, server FTP Unej berbeda dengan server milik Unej. Jadi secara keseluruhan, gangguang di FTP tidak mengganggu universitas. "Server Unej sendiri bukan Microsoft. Kami menggunakan Linux, jadi insya Allah aman," katanya. Komputer FTP Unej sendiri kemudian diperbaiki.

Sebelumnya, dua unit komputer di bagian pelayanan Unit Pelayanan Teknis Perpustakaan Unej yang terserang virus tersebut. "Kami sudah isolir. Namun hari ini kami recovery semua komputer. Semua komputer kami perbarui Windows dan antivirus-nya. Kami harapkan paling tidak Kamis sudah bisa melayani semua transaksi (peminjaman dan pengembalian buku)," kata Kepala UPT Perpustakaan Universitas Jember Ida Widyastuti. [wir/kun]

Komentar

?>