Sabtu, 16 Desember 2017

Mahasiswa Tak Bisa Pinjam Buku 3 Hari

Virus Wannacry Serang Perpustakaan Unej

Selasa, 16 Mei 2017 14:10:42 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Virus Wannacry Serang Perpustakaan Unej
Foto Ilustrasi

Jember (beritajatim.com) - Mahasiswa Universitas Jember tak bisa meminjam maupun mengembalikan buku perpustakaan sejak Senin (15/5/2017) hingga Rabu (17/5/2017), karena serangan virus Wannacry. Unej tengah memperbaiki komputer.

Ada dua unit komputer di bagian pelayanan Unit Pelayanan Teknis Perpustakaan Unej yang terserang virus tersebut. "Kami sudah isolir. Namun hari ini kami recovery semua komputer. Semua komputer kami perbarui Windows dan antivirus-nya. Kami harapkan paling tidak Kamis sudah bisa melayani semua transaksi (peminjaman dan pengembalian buku)," kata Kepala UPT Perpustakaan Universitas Jember Ida Widyastuti, Selasa (16/5/2017).

Menurut Ida, saat ini para mahasiswa di Unej hanya bisa membaca buku di perpustakaan dan tak bisa meminjam maupun mengembalikan. "Kami install ulang semua komputer untuk berjaga-jaga. Semua komputer akan diubah ke Windows 2010, sekitar 25 unit komputer," katanya.

Dua komputer yang terkena dikarenakan pegawai lupa memperbarui antivirus. "Tapi kalau data transaksi, karena transaksi langsung ke server dan di-back up tiap hari aman," kata Ida. Hanya data personal petugas yang tak bisa diselamatkan, namun bukan data transaksi buku.

Secara umum, serangan virus itu tak begitu mengganggu, kecuali transaksi buku yang terhenti. Bagi mahasiswa yang tak bisa mengembalikan buku selama tiga hari ini, tak akan ada denda. Perpustakaan Unej memiliki kurang lebih 300 ribu judul buku teks. [wir/but]  

Tag : virus

Komentar

?>