Minggu, 28 Mei 2017

Pendapatan Facebook 'Tergantung' pada Iklan Online

Senin, 08 Mei 2017 07:11:20 WIB
Reporter : -
Pendapatan Facebook 'Tergantung' pada Iklan Online

Jakarta (beritajatim.com) - Facebook kini menjadi lebih berharap pemasukannya berasal dari pasar iklan online, meski pesaingnya Google menemukan landasan baru keuangan, yakni hardware dan software.

Baru-baru ini Facebook melaporkan bahwa 98 persen dari pendapatkan triwulan mereka berasal dari iklan, naik dari 97 persen dibandingkan setahun sebelumnya. Pendapatan dari non iklan anjlok menjadi US$175 juta pada triwulan pertama 2017, dari US$181 juta yang diperoleh pada periode yang sama tahun lalu.

Facebook sudah diingkatkan mengenai bakal turunnya pendapatan non iklan dan ini hampir seluruhnya merupakan player video game pada komputer desktop yang terpangkas akibat migrasi game dari desktop ke smartphone.

Ketergantungan Facebook kepada iklan adalah keprihatan lama dan kini saatnya mencari sumber pendapatan lain selain bisnis iklan intinya, kata Clement Thibault, analis senior pada Investing.com.

"Kita harus ingat bahwa ini masih tetap bisnis baru. Ini bukan seperti bisnis gaya lama sehingga perlu segera bergeser," ujar Thibault, seperti dikutip kantor berita Reuters.

Selasa pekan lalu (3/5/2017), harga saham Facebook mencatat tingkat tertinggi US$153,60 per saham sebelum anjlok pada US$150,85 per saham sehari kemudian.

Pengalaman Facebook ini berbeda terbalik dengan Google di mana pemasukan dari non iklan seperti layanan komputasi awan (cloud) dan smartphone Pixel mencatat kenaikan 49,4 persen menjadi US$3,1 miliar pada triwulan pertama 2017.

Sektor ini menyumbang 13 persen dari total pendapatan Google, padahal setahun lalu menyumbang 10 persen dari total pendapatan. [inilah.com]

Tag : facebook

Komentar

?>