Jum'at, 26 Mei 2017

Ibu-ibu Pilih Drama Turki Ketimbang Baca Berita

Kamis, 16 Maret 2017 23:47:49 WIB
Reporter : Fahrizal Tito
Ibu-ibu Pilih Drama Turki Ketimbang Baca Berita
Rachmah Ida

Surabaya (beritajatim.com) - Saat ini penonton lebih memilih melihat drama Turki dibandingkan dengan menyimak berita di media sosial. Hal ini terbukti dari penelitian yang dilakukan oleh Guru besar Fakultas Ilmu Sosial Politik (Fisip) Unair Prof Rachmah Ida atas perkembangan teknologi informasi (TI) di Indonesia.

"Penelitian saya pada ibu rumah tangga yang menonton televisi melalui handphone secara streaming. Mereka lebih memilih melihat drama Turki, alasannya melihat televisi selalu disuguhi berita-berita politik begitu juga di media sosial yang isinya hanya berita bohong (hoax)," kata Prof Rachma Ida saat Gelar Inovasi Guru Besar bertema Peran Aktif Masyarakat Menghadapi Hoax di Media Sosial, di Kampus C Unair, Kamis (16/3/2017).

Ia mengatakan, dari kejadian itu sebenarnya pemerintah harus mengambil tindakan. Semisal melakukan edukasi kepada masyarakat.

"Literasi media sosial memang perlu. Kalau media tidak menyadari content (isi siaran) maka akan terjadi disfungsi media. Kalau sudah demikian, pesan yang disampaikan tidak akan tersampaikan dan nantinya akan ada efek tersendiri yang akan terjadi," kata Ketua Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) Jawa Timur ini.

Ditanya, apakah perlu satgas antihoax, Ida mengatakan bahwa lebih baik masyarakat diedukasi. "Jika nanti memang dibentuk, apa tugasnya? sekarang aja sudah tidak terdengar lagi. Apa mungkin pembentukan satgas anti hoax itu kongsi dengan pihak-pihak yang menyuarakan anti hoax?," tanyanya. [ito/suf]

Tag : hoax

Berita Terkait

    Komentar

    ?>