Jum'at, 24 Nopember 2017

Pemuda Banyuwangi Kembangkan Olahraga Berbasis Internet

Minggu, 26 Juni 2016 09:16:38 WIB
Reporter : Rindi Suwito
Pemuda Banyuwangi Kembangkan Olahraga Berbasis Internet

Banyuwangi (beritajatim.com) - Sekelompok pemuda yang tergabung dalam Banyuwangi E-Sport Community mengembangkan elektronik sport (e-sport) di Banyuwangi. E-sport sendiri merupakan "olahraga" berbasis kompetisi game berbasis internet.

Di Indonesia, istilah e-sport memang belum familiar, namun di beberapa negara maju seperti di Amerika, Eropa dan Singapore sendiri, e-sport telah menjadi trend yang menjanjikan.

Menurut Choirul Mawahib, pendiri Banyuwangi E-Sport Community menjelaskan ini tak sekedar game, karena e-sport jika ditekuni dengan serius bisa menjadi profesi dan investasi yang menjanjikan. Apalagi di luar negeri e-sport telah menjadi cabang olahraga resmi yang memiliki gelaran Piala Dunia-nya sendiri.

"Hadiahnya bisa mencapai Rp 170 miliar kalau di kompetisi resmi dunia. Bahkan ada beberapa universitas di luar negeri yang menjadikan e-sport ini menjadi jurusan tersendiri," jelasnya.

Oleh karena itu, Mawa bersama Banyuwangi E-Sport Community bertekad untuk mengembangkan e-sport di kalangan anak muda Banyuwangi. Ia menilai belum banyak kota di di Indonesia yang mengembangkan hal serupa.

"Di Indonesia perhatian terhadap e-sport bisa dibilang tidak ada. Baru di Banyuwangi ini pertama kali," kata Mawa.

Selain itu kata mahasiswa UNT Singapore jurusan Computer Sains asli Banyuwangi tersebut, dirinya yakin mampu mempromosikan e-sport. Keseriusan itu ditunjukkan melalui Banyuwangi E-Sport and Anime Festival yang diadakannya.

"Di beberapa tempat, e-sport biasanya hanya didukung oleh swasta, namun di Banyuwangi justru pemerintah daerah ikut mendukung. Ini luar biasa," ungkapnya.

Penyelenggaraan kompetisi perdana e-sport di Banyuwangi ini diikuti oleh 32 tim dan 64 orang, yang berasal dari Jawa Timur dan Bali. Ke depan, Mawa berjanji, akan lebih mengembangkan kompetisi serupa dengan skala yang lebih besar.

"Saat ini kami sudah mulai punya nama. Tahun depan kami ingin menggelar kompetisi dengan lingkup yang lebih besar lagi," kata Mawa

Sementara itu melihat semangat anak muda Banyuwangi dalam mengembangkan kemampuannya menarik perhatian Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

"Harus dilihat sisi positifnya. Apabila ini diseriusi bisa menjadi prestasi bagi anak-anak," kata Anas. (rin/ted)

Tag : internet

Komentar

?>