Rabu, 12 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

Kenduri Langit Tobo, Usaha Lawan Autisme Media Sosial

Minggu, 27 Maret 2016 21:41:36 WIB
Reporter : Tulus Adarrma
Kenduri Langit Tobo, Usaha Lawan Autisme Media Sosial

Bojonegoro (beritajatim.com) - Arus informasi semakin deras. Perkembangan media sosial membuat netizen, atau pengguna internet, tidak lepas dari smartphone.

Hal ini membuat netizen lebih banyak memperhatikan smartphone yang ada di genggamannya, dari pada lingkungan sekitar.

Komunitas literasi Langit Tobo, di Kabupaten Bojonegoro berusaha mengurangi "autisme" terhadap media sosial yang kerap terjadi selama ini. Usaha itu salah satunya dengan menggelar pertemuan rutin dan membahas soal isu-isu yang sedang berkembang.

Kali ini, komunitas yang bertempat di Kecamatan Purwosari, daerah yang berdekatan dengan lapangan minyak Banyu Urip Blok Cepu itu mengusung tema obrolan "Media Sosial dan Kita", dengan pemantik diskusi Iksan Fauzi, Jurnalis Surya.

Menurut pria yang masih lajang itu, derasnya arus informasi memang bisa diambil sisi potif dan negatif. Sisi positif yang bisa dilakukan, seperti contoh yang dia lakukan sendiri diantara, online shop. "Dari memanfaatkan media sosial itu kita akan mendapat keuntungan," ujarnya, Minggu (27/03/2016).

Derasnya arus informasi yang terjadi di media sosial, juga menambah jumlah sampah informasi yang ada di jagat maya. Peran Media sendiri dengan perkembangan informasi itu, hanya sebatas konfirmasi.
"Sebagai jurnalis, informasi di facebook, twitter dan banyak media sosial lain tinggal dikonfirmasikan kepada pihak yang bersangkutan," jelasnya.

Sebelum diskusi digelar, acara Kenduri Langit Tobo yang kesembilan ini dibuka dengan pentas tari dan kesenian musik. Kenduri Langit Tobo dilakukan bergiliran, dari satu rumah ke rumah anggota lain. (uuk/ted)

Tag : media sosial

Komentar

?>