Selasa, 26 September 2017

JIM, Manfaatkan Internet Lebih Produktif

Kamis, 28 Januari 2016 16:01:17 WIB
Reporter : Tulus Adarrma
JIM, Manfaatkan Internet Lebih Produktif

Bojonegoro (beritajatim.com) - Jaringan Informasi Masyarakat (JIM) Bojonegoro, melakukan deklarasi internet produktif. ‎Deklarasi dilakukan dengan membubuhkan tanda tangan untuk mendukung program JIM Bojonegoro sebagai agen informasi dan promosi desa. 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Bojonegoro, Kusnandaka Tjatur Prasetyo, mengungkapkan pesatnya akses informasi harus disertai inovasi.‎ "Kalau informasinya hanya itu saja akan ditinggalkan," ujar Tjatur, kemarin.

Karena itu, dengan adanya program JIM, masyarakat diharapkan dapat melakukan inovasi dibidang informasi melalui pemanfaatan internet. Termasuk berkaitan dengan menuliskan informasi tentang potensi desa. Menurut dia, langkah tersebut dinilai lebih baik dan produktif.

"Diakui tidak pemuda disekitar kita hanya menghabiskan waktu dengan secangkir kopi berjam - jam," ucapnya.‎

Juru bicara dan Humas ExxonMobil Cepu Ltd (EMCL), Rexy Mawardijaya, berpendapat kolaborasi yang dilakukan JIM, EMCL, dan Pemkab Bojonegoro dapat membantu masyarakat agar dapat menggunakan internet lebih produktif. Dia berpesan agar tetap konsisten untuk menjalankan program yang sudah berjalan. 

Adanya program JIM dapat berfungsi untuk terus meng-update setiap informasi tentang potensi desa. Disamping itu, media sosial juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana promosi.‎ "Kalau bikin mudah, yang lebih sulit bagaimana tetap konsisten. Mudah-mudahan dengan adanya JIM setiap informasi bisa up dating," ucapnya. 

Deklarasi dilakukan serentak bersama 200 peserta seminar menulis kreatif, Kepala Diskominfo, dan EMCL di Pendapa pemkab Bojonegoro. Kegiatan seminar menulis kreatif di era digital yang dilaksanakan Jaringan Informasi Masyarakat (JIM) di Pendapa Malowopati Pemkab Bojonegoro.

Direktur Lembaga Informasi dan Komunikasi Masyarakat Banyuurip Bangkit (LIMA 2B),  Mugito Citrapati mengungkapkan, program JIM diharapkan dapat terus merambah luas di desa lain. Bahkan hingga sekup nasional dan menjadi JIM Indonesia. "Kami akan berupaya maksimal untuk terus berkembang," kata dia dalam sambutannya.

Asisten II Pemkab Bojonegoro, Setyo Yuliono menyatakan dukungannya atas terbentuknya JIM Bojonegoro. Menurut dia, JIM sejalan dan mendukung program yang sedang dijalankan pemkab Bojonegoro.Khususnya Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo). "Banyak juga yang sejalan dengan program Kominfo," ujarnya.

Hanya saja, yang mengesankan adalah JIM bergerak dalam bidang promosi potensi desa. Dia mengungkapkan, saat ini Bojonegoro memang perlu banyak dituliskan sekaligus dipromosikan. "Yang lagi trend sekarang adalah wisata atas angin," imbuhnya.

Dihadirkan sebagai narasumber adalah dari perwakilan SKK Migas Avicena Darwis, ‎Yuniari Nukti dari, Komunitas Emak Blogger Surabaya, dan‎ Soepriyanto dari Relawan TIK Banyumas dan Aktivis Gerakan Desa Membangun / GDM‎. [uuk/kun]

Tag : internet

Komentar

?>