Minggu, 22 Oktober 2017

Kaleidoskop Olahraga Indonesia 2016

Senin, 19 Desember 2016 23:08:53 WIB
Reporter : Kuntoro Rido Astomo
Kaleidoskop Olahraga Indonesia 2016

Surabaya (beritajatim.com) - Banyak sejarah olahraga Indonesia terukir pada tahun 2016. Berikut rangkuman beritajatim.com dalam kaleidoskop olahraga sepanjang tahun 2016.


24 Januari
Kevin/Markus Juara Malaysia Masters 2016
Ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Markus Fernaldi Gideon, merebut gelar juara Malaysia Masters 2016 setelah mengalahkan pasangan Malaysia, Koo Kien Keat/Tan Boon Heong, pada partai final, Minggu (24/1/2016). Kemenangan ini tak diraih dengan mudah. Butuh waktu 54 menit bagi Kevin/Markus untuk bisa menundukkan pasangan yang pernah dilatih Rexy Mainaky tersebut. Koo/Tan sebenarnya lebih diunggulkan dalam pertandingan ini. Selain faktor tuan rumah, pasangan peraih medali emas Asian Games 2006 itu juga lebih berpengalaman.

Petinju Indonesia Daud Yordan mengangkat sabuk juara tinju WBO (The World Boxing Organization) Asia-Pacific dan Africa usai melawan Petinju Jepang Yoshitaka Kato pada pertandingan bertajuk Road to the World Champions di Balai Sarbini, Jakarta, Jumat (5/2/2016) malam.

5 Februari
Daud Yordan Pertahankan Gelar WBO Asia Pasifik dan Afrika
Petinju Indonesia, Daud Yordan, berhasil mempertahankan gelar juara kelas ringan World Boxing Organization (WBO) Asia Pasifik dan Afrika setelah menang angka mutlak (technical unanimous decision) atas petinju Jepang, Yoshitaka Kato, di Balai Sarbini, Jakarta, Jumat (5/2/2016). Pertarungan dihentikan pada ronde kesembilan setelah pelipis dekat mata kiri Daud berdarah.Dari tiga juri, semuanya memberikan kemenangan angka untuk Daud, yaitu 88-84, 97-84, dan 88-83.

Hasil gambar untuk Rio Haryanto Resmi Gabung Manor Racing

18 Februari
Rio Haryanto Resmi Gabung Manor Racing
Pebalap andalan Indonesia, Rio Haryanto, dipastikan tampil di Formula 1 bersama Manor Racing. Kepastian ini diumumkan secara resmi lewat akun Twitter dan Facebook Manor Racing serta jumpa pers di Kantor Pusat Pertamina Jakarta, Kamis (18/2/2016). Tim asal Inggris tersebut mengungkapkan Rio Haryanto akan menjadi pebalap kedua mereka setelah Pascal Wehrlein. Rio Haryanto akan menandai debutnya di F1 pada GP Australia, Maret 2016.

Hasil gambar untuk Praveen Jordan/Debby Susanto Juara All England 2016

13 Maret
Praveen Jordan/Debby Susanto Juara All England 2016

Pasangan ganda campuran Indonesia, Praveen Jordan/Debby Susanto, menjadi juara All England 2016 setelah mengalahkan Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen (Denmark) di final, Minggu (13/3/2016). Dalam laga final yang digelar di Barclaycard Arena, Birmingham, Inggris, Minggu (13/3/2016), Praveen/Debby mengalahkan wakil Denmark, Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen, dua gim langsung 21-12, 21-17 dalam waktu 43 menit.

Gambar terkait

20 Maret
Rio Jalani Debut di F1 GP Australia
Rio Haryanto menjalani debut di F1, bersama Tim Manor Racing. Namun, ia tidak berlomba hingga selesai. Pebalap Manor Racing tersebut gagal meneruskan balapan GP Australia, Minggu (20/3/2016), karena mobil MRT05 miliknya rusak. Melalui akun Twitternya, Manor menyebut mobil Rio mengalami kerusakan pada driveline. Ini menyebabkan pebalap 23 tahun tersebut tak bisa mengakhiri debutnya dengan manis.

29 April
ISC 2016 Dibuka Presiden Joko Widodo
Turnamen bertajuk Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016 resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo di Stadion Mandala, Jayapura. ISC 2016 merupakan turnamen jangka panjang yang digelar layaknya kompetisi domestik. Sebanyak 18 tim berebut bersaing di ajang tersebut.

13 Mei
FIFA Cabut Sanksi PSSI

Setelah terbelenggu sanksi FIFA lebih dari setahun lamanya akibat ketidakharmonisan PSSI dengan Kemenpora, pada 13 Mei 2016 sepak bola Indonesia akhirnya bisa bergairah lagi. Dalam kongres yang berlangsung di Meksiko, FIFA mencabut sanksi yang dijatuhkan sejak 30 Mei 2015. Pencabutan sanksi FIFA diawali dengan pencabutan SK Pembekuan PSSI yang dilakukan Menpora RI, Imam Nahrawi, pada 10 Mei 2016. Pencabutan sanksi FIFA itu mengakhiri konflik panjang di antara pemerintah RI melalui Kemenpora dengan PSSI yang sejatinya bergulir sejak awal April 2015.Hasil gambar untuk Daud Yordan Rebut Sabuk Juara WBA Internasional

4 Juni
Daud Yordan Rebut Sabuk Juara WBA Internasional
Petinju andalan Indonesia, Daud "Cino" Yordan merebut gelar interim WBA International kelas ringan setelah menang angka mutlak atas petinju Argentina, Cristian Rafael Coria, Sabtu (4/6/2016). Dengan hasil ini, Daud Yordan menambah catatan kemenangannya menjadi 34 kali dari 37 penampilannya.Hasil ini juga semakin mendekatkan Daud Yordan kepada gelar juara dunia.
Hasil gambar untuk Rio Haryanto Kecelakaan di Sirkuit Silverstone

10 Juli
Rio Haryanto Kecelakaan di Sirkuit Silverstone
Rio Haryanto gagal finis pada F1 GP Inggris, di Silverstone, Minggu (10/7/2016). Kendaraannya melintir dan masuk gravel pada lap ke-24. Rekan tim Rio Pascal Wehrlein juga gagal finis karena kasus yang sama, tetapi pada lap ketujuh. Pascal Wehrlein melintir setelah mengganti ban dari wet (basah) ke intermediet, sedangkan Rio usai memakai ban slick (kering). Menurut Manor, kecelakaan terjadi antara lain karena genangan sisa hujan, pada sejumlah titik di sirkuit tersebut.

Hasil gambar untuk Manor Racing Resmi Putus Kontrak Rio Haryanto

10 Agustus
Manor Racing Resmi Putus Kontrak Rio Haryanto
Pebalap kebanggaan Indonesia, Rio Haryanto, resmi diberhentikan Manor Racing sebagai pebalap reguler pada paruh kedua F1 2016. Kepastian Rio tak lagi menjadi pebalap utama diumumkan oleh tim asal Inggris itu pada Rabu (10/8/2016) siang WIB. Manor memutus kontrak Rio sebagai pebalap utama karena gagal memenuhi kewajiban dalam kontraknya.Dia kemudian diberi peran baru sebagai pebalap cadangan Manor Racing.
Hasil gambar untuk Tontowi/Liliyana Rebut Emas Olimpiade Rio de Janeiro

17 Agustus
Tontowi/Liliyana Rebut Emas Olimpiade Rio de Janeiro
Ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, merebut medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016 setelah mengalahkan pasangan Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, pada partai final di Riocentrio, Rabu (17/8/2016) WIB. Tontowi/Liliyana menang dua gim langsung 21-14 dan 21-12. Hasil ini mengembalikan tradisi emas Olimpiade dari cabang bulutangkis.Sejak bulutangkis dipertandingkan di Olimpiade pada 1992, Indonesia selalu meraih emas, kecuali di Olimpiade London 2012.

Hasil gambar untuk Timnas Indonesia Kembali Tampil di Ajang Internasional

 

Tag : olahraga

Komentar

?>