Selasa, 13 Nopember 2018

IPK Tertinggi, Teliti Sejarah Harian Militer

Selasa, 11 September 2018 00:00:11 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
IPK Tertinggi, Teliti Sejarah Harian Militer

Mahasiswi Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya (FIB) ini meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi pada wisuda periode I tahun akademik 2018/2019 Universitas Jember, di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu (8/9/2018). Namanya Rinda Handayani. Capaian IPK yang diperolehnya nyaris sempurna dalam durasi studi tiga tahun: 3,94.

Rinda tak menduga bakal meraih prestasi itu. Apalagi ia semula ragu dengan prospek bidang ilmu sejarah, karena ini hanya pilihan ketiga dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2014. Namum ia beruntung punya dosen-dosen yang melihat kecakapannya dan memberi motivasi.

Rinda pun menekuni ilmu sejarah dan memilih sejarah media massa sebagai tugas akhir. Ia mengambil judul Peranan Pers Harian Angkatan Bersenjata Pada Masa Orde Baru tahun 1965-1998.

Rinda menjelaskan, skripsi ini mengupas peranan Harian Angkatan Bersenjata sebagai salah satu media massa yang dimiliki oleh pemerintah Orde Baru saat itu. "Untuk mencari data yang diperlukan, saya mencari data ke Perpustakaan Nasional dan lembaga-lembaga lainnya di Jakarta,” kata perempuan asal Kabupaten Ngawi ini.

Ini sesuatu yang menyenangkan bagi Rinda. Ia memang suka membaca dan ilmu sejarah banyak berurusan dengan data, naskah, dan buku.

Rinda bersyukur sudah melewati masa kuliah dengan sukses. Kini ia ingin melanjutkan kuliah hingga program doktoral dan menjadi dosen. "Jangan berhenti bermimpi, sebab yakinlah akan ada jalan keluar di setiap kesulitan. Dan yang penting selalu berdoa dan berusaha," katanya. [wir/suf]

Tag : mahasiswa

Komentar

?>