Minggu, 24 Juni 2018

Iwan Setiawan, Sang 'Jose Murinho' Indonesia

Minggu, 27 Mei 2018 23:46:48 WIB
Reporter : Samsul Arifin
Iwan Setiawan, Sang 'Jose Murinho' Indonesia

Pamekasan (beritajatim.com) - "Terapkan sikap disiplin sedini mungkin untuk meraih prestasi", salah satu slogan atau jargon dari sosok Iwan Setiawan yang saat ini ditunjuk sebagai pelatih Madura United FC katagori kelompok usia, sekaligus direktur teknik Akademi Madura United FC.

Sosok pelatih kelahiran Medan (5 Juli 1968) yang seringkali dikenal dengan 'psywar menohok' dan cenderung memancing emosi, ditunjuk manajemen Madura United FC untuk mencari bibit pemain muda sekaligus melakukan pembinaan terhadap pemain lokal Pulau Garam.

Kecintaannya pada cabang olahraga yang disukai sebagian besar masyarakat dunia tidak perlu diragukan lagi. Jauh sebelum terjun sebagai pelatih, Iwan Setiawan dikenal sebagai sosok profesional. Ia memulai karir sebagai pemain saat berusia 19 tahun bersama Pelita Jaya pada 1987, selanjutnya memperkuat Arseto Solo hingga Persija Jakarta.

Tidak hanya itu, sosok pelatih yang akrab dengan sejumlah kontroversi juga sempat memperkuat Timnas Indonesia dari berbagai jenjang. Mulai dari Timnas U16, Timnas U19 hingga Timnas Senior dan selanjutnya pensiun sebagai pemain profesional.

Pasca pensiun sebagai pemain, ia pun beralih profesi yang tidak jauh dari olahraga yang membesarkan namanya, yakni menjadi pelatih sepakbola. Namun sebelum itu, ia harus menggembleng diri dengan menimba ilmu kepelatihan hingga akhirnya mendapat lisensi C dan B pada 1997 silam.

Tidak hanya itu, ia pun juga mengembangkan lisensi kepelatihan hingga akhirnya dapat melatih tim menapun di Liga Indonesia. Hal itu dibuktikan dengan catatan lisensi A AFC pada 2002 melalui Certificaat Koninklijke Nederlandse Voetbalbond Academie dari KNVB (Belanda) dan Royal Netherlands Football Association.

Sukses menimba ilmu kepelatihan, akhirnya ia kembali ke tim yang membesarkan namanya kala berprofesi sebagai pemain, Persija. Kala itu ia menangani skuad Persija Junior sebagai tim pertama sebagai pelatih, berikutnya mulai malang melintang dan melatih sejumlah klub tanah air. Mulai dari Persikabo, Persija Jakarta, Persijatim Solo, Persibom, PSMS Medan, Persebaya Surabaya hingga Borneo FC.

Di tengah kesuksesannya menjadi pelatih di sejumlah klub, ia juga sempat diminta menangani Timnas Indomesia Junior. Bahkan dalam kesempatan itu ia berhasil mempersembahkan titel juara bagi Timnas Indonesia U14 pada ajang Asia Pasifik 2004 silam.

Selain dikenal sebagai sosok yang malang melintang sebagai pelatih dan sarat pengalaman, tak kalah menarik ia juga terkenal dengan sikap kontroversi atas sikap yang dimilikinya. Bahkan tidak jarang ia juga dijuluki sebagai Jose Murinho-nya Indonesia.

Terlepas dari berbagai catatan pengalaman dan raihan sukses sebagai pelatih hingga sikap kontroversi yang melekat kepadanya, sosok Iwan Setiawan tentunya bakal menjadi harapan baru bagi masyarakat Madura untuk mengorbitkan bibit unggul sekaligus menjadikan pemain muda Madura sebagai pemain profesional.

Terlebih pihak manajemen Madura United FC juga memiliki harapan besar kepada sosok Iwan Setiawan untuk bisa menggali bibit unggul sekaligus membina pemain muda Madura agar bisa diorbitkan ke jenjang pemain profesional. [pin/but]

Tag : tokoh

Komentar

?>