Selasa, 19 Juni 2018

Perpanjang Tradisi Gelar Polres Jember

Jum'at, 04 Mei 2018 18:02:47 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Perpanjang Tradisi Gelar Polres Jember

Kepala Kepolisian Resor Jember Ajun Komisaris Besar Kusworo Wibowo memperpanjang tradisi gelar institusi tersebut. Kepala Kepolisian RI Jenderal Tito Karnavian memberikan piagam penghargaan tertinggi kepadanya di bidang pelayanan dan inovasi di gedung PTIK Jakarta, Kamis (3/5/2018) kemarin.

Polres Jember berdiri sejajar dengan Polres Gresik dan Polres Sidoarjo. Penghargaan ini melengkapi gelar Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi pada tanggal 13 Desember 2017 lalu. Predikat ini diperuntukkan Polres Jember karena dinilai mampu memberi pelayanan ke masyarakat dengan cepat, tepat, profesional, dan bersih dari praktik korupsi, kolusi, nepotisme.

Kusworo menegaskan, penghargaan demi penghargaan tak boleh membuat Polres Jember berpuas diri. "Penghargaan ini bisa menjadi penyemangat dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Sejumlah inovasi yang membuat Polres Jember diganjar penghargaan antara lain aplikasi Panic Button. Warga bisa melapor lewat aplikasi tersebut jika ada peristiwa pidana.

Polres juga meluncurkan aplikasi Samsat Home Register, yang membuat masyarakat tidak perlu datang ke kantor Samsat ketika hendak membayar pajak kendaraan bermotor. "Dengan aplikasi ini, petugas yang akan datang," kata Kusworo.

Ada pula Criminal Justice Sistem Online. Dengan aplikasi ini, masyarakat bisa mengetahui sejauh mana penanganan kasus yang dilaporkan ke polisi. Kusworo juga melakukan pendekatan dengan merevitalisasi Siskamling melalui program E-Siskamling. "Program ini kami lombakan dan diikuti 248 kelurahan/desa yang ada di kabupaten Jember," katanya. [wir]

Tag : polisi

Komentar

?>