Kamis, 21 Juni 2018

Dele Alli dan Steven Gerrard Satu Nyali

Jum'at, 20 April 2018 17:00:44 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Dele Alli dan Steven Gerrard Satu Nyali

Bintang muda Tottenham Hotspur Dele Alli menyebut legenda Liverpool Steven Gerrard adalah idolanya. Dia merasa memiliki banyak kesamaan dengan pemain bernomor punggung delapan tersebut.

Dalam pandangan Alli, Gerrard adalah salah satu gelandang terbaik di dunia. Ia mengagumi kemampuan Gerrard, terutama dalam melakukan operan panjang dan tembakan ke gawang dari jarak jauh. "Tapi alasan utama saya mengaguminya adalah karakter Gerrard," katanya, sebagaimana dikutip Majalah Four Four Two.

Menurut Alli, Gerrard tak pernah gentar dalam pertandingan sebesar apapun. Mereka berdua sama-sama menikmati pertandingan sepak bola. Gerrard bakal menjadi penghubung lini tengah dengan ujung tombak. Namun di satu waktu, kata Alli, dia bisa melepaskan tembakan tak terduga ke arah gawang lawan. "Stevie tidak akan pernah gentar terhadap lawan dan saya juga tak pernah takut terhadap pemain atau tim lawan," katanya.

Bermain di Liga Primer Inggris jelas tak mudah. Alli dituntut harus bersiap menghadapi tekling keras dari para pemain lawan. Kuncinya adalah nyali. Alli menilai, penting bagi seorang pemain untuk menunjukkan kepada lawan bahwa punya nyali. "Jika tidak mereka akan mencoba terus mengalahkanmu sepanjang pertandngan," katanya.

Mempelajari taktik dan permainan lawan penting. Namun Alli menganggap itu tak boleh mengubah fokusnya untuk menang. Sebelum bermain untuk Spurs di Liga Primer, dia bermain untuk MK Dons di League 1. Ada perbedaan besar antara dua kasta tersebut. Maka tak ada jalan lain bagi Alli selain beradaptasi dengan cepat. Salah satu hal yang dipelajarinya di Liga Primer adalah: tidak ada waktu berlama-lama dengan bola. "Anda harus sudah memutuskan akan mengoper ke mana sebelum mendapatkan bola," katanya.

"Penempatan posisi adalah segalanya. Mencari ruang bisa sulit, terutama jika menghadapi tim dengan garis pertahanan tinggi. Tapi Anda harus tetap bergerak sampai menemukan sedikit ruang antara pemain tengah dan bertahan," kata Alli.

Hasilnya: sejak bermain untuk Spurs pada musim 2015-2016 hingga pekan ke-34 musim 2017-2018, Alli sudah mencetak 36 gol dan 26 assist dalam 102 pertandingan. Kini ia menjadi harapan Inggris dalam Piala Dunia 2018 di Rusia. [wir]

Tag : sepakbola

Komentar

?>