Kamis, 21 Juni 2018

Milo Akan Terapkan Taktik Ini di Madura United

Jum'at, 16 Maret 2018 02:30:58 WIB
Reporter : Samsul Arifin
Milo Akan Terapkan Taktik Ini di Madura United

Pamekasan (beritajatim.com) - Pelatih Madura United FC Milomir Seslija bakal menerapakan strategi dan taktik berbeda tanpa menghilangkan karakter khas Madura dengan pola satu dua sentuhan dalam mengarungi jadwal kompetisi resmi Liga 1 2018. 

Padahal juru taktik asal Bosnia Herzegovina tersebut baru dalam hitungan pekan ditunjuk sebagai juru taktik skuad berjuluk Laskar Sape Kerrab. Namun pelahan dan pasti kualitas racikannya mulai membuahkan hasil sekaligus membuat permainan skuadnya menarik untuk ditonton. 

Memang dalam dua laga ujicoba yang dijalani bersama Fachruddin Aryanto dan kawan-kawan, timnya belum sekalipun kebobolan alias 'gawang perawan'. Sekalipun hanya mampu menelurkan tiga biji gol dari dua laga yang dijalani, masing-masing dua gol ke gawang Hougang United FC dan sebiji gol ke gawang PSIS Semarang. 

Catatan tersebut sekaligus mengubur rentetan hasil buruk dari beberapa sebelumnya kala ditukangi Gomes de Olivera, serta menjadi harapan dan tumpuan baru menghadapi kompetisi resmi sepakbola tertinggi tanah air yang dijadwalkan bergulir Jum'at (23/3/2018) mendatang. 

"Kami suka memainkan taktik beriatif, mengubah posisi ketika bermain di tempat berbeda. Bisa saja mengubah aneka macam taktik yang sudah kita asah saat latihan, sebab dengan banyak variasi taktik tim ini akan semakin bagus," kata Pelatih Milomir Seslija, Kamis (15/3/2018). 

Pressing ketat terhadap para pemain lawan juga diterapkan juru taktik yang akrab disapa Milo, termasuk juga mencari peluang di garis 16 meter gawang lawan. "Dengan taktik ini kita berharap secara pelahan permainan Madura akan indah dengan bermain dari kaki ke kaki dan nenarik di tonton, tentu kerjasama tim dibutuhkan dan saling mengerti satu sama lainnya," ungkapnya. 

Guna merealisasikan strategi dan taktik tersebut, dibutuhkan stamina dan fisik pemain guna menopang rencana Pelatih Milo. "Untuk fisik tidak masalah ketika bermain sepakbola, taktik dan fisik selalu berupaya jalan bersamaan. Mereka bisa memainkan tempo dengan menguasai taktik dan fisik, dan itu sangat bagus," imbuhnya. 

"Seperti kita tahu, sepakbola membutuhkan taktik dan fisik, semuanya terlibat aktif secara bersamaan dengan taktik dan fisik. Karena ini satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan untuk mengatur tempo pertandingan, artinya kita yang mengendalikan pertandingan. Sehingga kita bisa mengatahui kapan waktunya bermain cepat dan kapan bermain lamban," jelasnya. 

Proses menjaga psikologi pemain juga tidak lepas dari tuntutan Milo guna menggembleng skuadnya yang bakal menjalani pertandingan panjang di kompetisi mendatang. "Ini (psikologi) yang sangat penting, ketika ada masalah kita segera carikan solusi. Karena bisa membuat pemain stres dan bakal menjadi masalah besar, sehingga kita coba pelahan perbaiki aspek ini dan bukan langsung force," imbuhnya. 

"Psikoterapis juga tidak kalah penting, pasca laga kita coba memotivasi pemain yang sudah bekerja keras di lapangan. Terkadang saat kalah mental pemain down, kita coba bangkitkan lagi dan jangan langsung menekan demi meminimalisir stres," beber mantan pelatih Arema FC. 

Mengatur dan menjaga kesehatan pemain juga tidak akan pernah lepas dari pengawasannya, termasuk mengatur nutrisi skuadnya. Apalagi jadwal kompetisi juga sudah resmi diketahui. "Kita sudah siap, semua pemain siap bertanding dan memberikan yang terbaik. Kita akan coba dari satu laga ke laga lainnya, kami yakin di setiap pertandingan mereka akan semakin kuat dan mempersembahkan yang terbaik," tegasnya. 

Tidak hanya itu, persaingan dengan tim kontestan kompetisi juga tidak lepas dari penilaian dan evaluasi. Bahkan hal itu juga dipastikannya untuk segera tuntas sebelum kompetisi bergulir. "Sebelum kick off persoalan ini harus selesai dan kita tidak boleh menganggap remeh setiap lawan, karena itu sangat berbahaya bagi kesiapan tim terutama mental bertanding," sambung Milo. 

Disinggung soal target kompetisi, ia enggan menjelaskan detail dan hanya menyampaikan komitmen untuk membuat timnya tampil baik di setiap pertandingan. "Kami belum memikirkan itu (target), kami mencoba membuat tim ini semakin kuat dan bisa tampil baik. Ketika tampil baik di setiap pertandingan, maka 3 poin bisa kita raih secara terus menerus dan akhirnya juara juga," klaimnya. 

"Kalau tim tampil bagus di setiap pertandingan dan selalu konsisten, semuanya tentu bisa diraih. Baik bagi pemain untuk menjadi pemain terbaik atau bahkan top skor (kompetisi), terpenting adalah tim berprestasi dan pemai akan ikut berprestasi," pungkasnya. [pin/ted] 

Tag : sepakbola

Komentar

?>