Kamis, 16 Agustus 2018

Jual Bus Demi UNBK

Selasa, 06 Februari 2018 14:05:27 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Jual Bus Demi UNBK

Ketua Komisi D DPRD Jember Hafidi Cholish pusing tujuh keliling menghadapi ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tahun ini. 

Ada 700 orang siswa SMP, SMK, dan MI di bawah naungan Yayasan IBU (Islam Bustanul Ulum) yang diasuhnya yang harus mengikuti UNBK. Dia tak ingin para siswa terkendala keterbatasan infrastruktur.

"Saya akhirnya jual satu dari 12 unit bus sekolah yang saya miliki," kata Hafidi, Selasa (6/2/2018). Hasil penjualan itu diperuntukkan melengkapi perangkat laboratorium komputer yang diperkirakannya menghabiskan dana Rp 300 juta. Ada 40 unit komputer baru, dan nantinya penggunaannya untuk ujian dilakukan secara bergiliran. 

Berkurangnya jumlah bus sekolah ini berdampak pada antar jemput siswa. "Saya akhirnya harus menyewa angkutan antar desa," kata Hafidi.

Sekolah yang diasuh Yayasan IBU mayoritas dihuni siswa-siswa yang tidak mampu. Hafidi mengupayakan pendanaan secara mandiri. Yang menarik, orang tua siswa tak selalu harus mengeluarkan uang untuk membayar biaya sekolah. 

Ada orang tua yang memberikan hasil berkebun untuk membiayai pendidikan. Semuanya didasarkan pada keikhlasan.

Hafidi pernah terlibat pemulangan ribuan Bonek dari Jember Sport Garden, usai pertandingan Persebaya melawan Semeru FC, beberapa waktu lalu. Ia meminjamkan bus untuk digunakan aparat kepolisian mengantar para Bonek hingga Surabaya. [wir/ted]

Tag : dprd jember

Berita Terkait

    Komentar

    ?>