Senin, 22 Oktober 2018

Si Cantik yang Dibekali Gus Ipul

Jum'at, 22 Desember 2017 22:40:11 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Si Cantik yang Dibekali Gus Ipul

Masa karantina Pemilihan Putri Kampus Jawa Timur 2017 di Country Heritage Hotel, Surabaya, 8-9 Desember, adalah masa pencerahan bagi Calista Putri Shavira. Mahasiswi Program Studi Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember ini memahami bahwa kepemimpinan perempuan dalam politik sangat penting. "Harapannya kaum wanita tidak buta politik agar mampu mewarnai kebijakan yang ada," katanya.

Tidak main-main. Calista mendapat pembekalan dari beberapa tokoh, di antaranya Wakil Gubernur Saifullah Yusuf alias Gus Ipul. Selain itu ada pengusaha Alim Markus, anggota DPR RI Arzetti Bilbina dan Indah Kurnia, maupun akademisi.

"Pokoknya seru deh, karena kami juga dipandu melaksanakan focus group discussion, semisal dengan tema pernikahan dini dan tema-tema lainnya yang menyangkut wanita," kata Calista.

Calista adalah Duta Kampus Universitas Jember 2016. Dia terpilih menjadi Putri Kreatif Kampus dalam pemilihan Putri Kampus Jawa Timur 2017. Ini ajang untuk mencari calon sarjana wanita yang cerdas, kreatif, peduli, dan berintelektual tinggi untuk bisa menjadi wanita yang inovatif dan inspiratif bagi wanita lain. Acara yang digelar Ikatan Sarjana Wanita Indonesia Jatim sudah memasuki tahun kedua.

Calista berhasil menyisihkan ratusan peserta lain. Total ada 130 peserta yang mewakili perguruan tinggi negeri dan swasta di Jawa Timur. Mereka diseleksi hingga tersisa hanya 20 peserta, dan secara berjenjang mengalami seleksi hingga tersisa empat orang di babak final. "Alhamdulillah saya terpilih sebagai Putri Kampus Kreatif," katanya.

Calista sendiri selama ini sudah punya bisnis yang menambah penilaian tersendiri dari juri. "Saya hobi fotografi dan membuka jasa layanan fotografi," katanya.

Apa tugas Calista setahun ke depan? "Kami berempat (finalis) bakal melaksanakan berbagai kegiatan yang terkait dengan bagaimana membentuk wanita aktif yang nantinya bergerak di bidang empowering women sehingga nantinya para wanita tidak hanya sebagai ibu rumah tangga saja, melainkan dapat aktif dalam berorganisasi dan memberikan dampak yang positif bagi masyarakat," katanya. [wir/kun]

Tag : putri kampus

Berita Terkait

    Komentar

    ?>