Kamis, 14 Desember 2017

Richard, Si Jago Tendangan Bebas

Rabu, 11 Oktober 2017 21:03:55 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Richard, Si Jago Tendangan Bebas

WAKTU sudah memasuki menit 90. Ofisial pertandingan memberikan tambahan waktu dua menit. Persid tertinggal 0-1 dari PSBK Blitar, dalam babak final Liga Remaja Piala Suratin Zona Jawa Timur, Jumat (29/9/2017).

Hanya ada satu kesempatan bagi Persid: tendangan bebas beberapa meter dari luar kotak penalti. Posisinya pas untuk menceploskan bola. Hanya satu orang yang bisa dipercaya mengeksekusinya: sang kapten, Richard Arbed Anderson.

Richard berdiri tenang. Menatap bola bergantian dengan sisi gawang yang kosong. Ia memperkirakan laju bola, antisipasi kiper. Insting dan kecermatan membentuk kombinasi dengan kemampuan yang diasah dengan latihan spartan.

"Ini kesempatan terakhir saya untuk menyelamatkan agar Persid bisa juara. Saya yakin dengan tendangan. Ada juga teman yang memberi saya semangat," kata Richard mengenang malam itu. Hasilnya: 1-1. Bola meluncur manis ke gawang PSBK.

Gol penyelamat Richard ini membangkitkan semangat para pemain Persid. Pertandingan harus diakhiri dengan adu penalti, dan Persid berhasil menjadi juara.

Richard akan selalu mengenang pertandingan final itu sebagai pertandingan terberat dan dramatis yang pernah dihadapinya. "Dramanya paling menarik. Saya senang Persid akhirnya jadi juara. Manajemen dan pelatih sudah memotivasi: orang tua kita sudah bersusah-payah, saatnya membanggakan mereka semua," kata pria kelahiran 1 Juli 2000 ini.

Kini Richard menargetkan Persid menjuarai Piala Suratin tingkat nasional. "Kami siap dan fit semua," katanya.

Sebelumnya, Richard pernah membawa tim sepak bola Pondok Pesantren Nurul Islam Jember menjuarai Liga Santri I pada Desember 2015. Ia adalah mualaf dan bersekolah di SMA Katolik Santo Paulus Jember.

Bakat besarnya berkembang di bawah bimbingan sang manajer Persid U17 Sutikno dan pelatih Fachmi Aminuddin. "Dia adalah senjata rahasia kami," kata Fachmi suatu ketika. [wir/but]

Tag : tokoh

Komentar

?>