Selasa, 21 Nopember 2017

Kiat Deananda Meraih Medali Emas Sea Games 2017

Rabu, 23 Agustus 2017 23:43:02 WIB
Reporter : Fahrizal Tito
Kiat Deananda Meraih Medali Emas Sea Games 2017

Surabaya (beritajatim.com) - "To Be the champion is by design" kata-kata itu yang dipegang teguh oleh Diananda Choirunisa peraih medali emas dari cabang olahraga (Cabor) panahan pada ajang Sea Games 2017 di Malaysia.

"Yang terlintas pertama kali saat saya mengikuti setiap kejuaraan adalah selalu membayangkan optimis, pasti mendapat emas dan saya yakin bisa. Namun, demikian juga diiringi dengan upaya bagaimana cara kita agar mendulang kesuksesan ataupun emas," tutur Diananda Choirunisa, kepada beritajatim.com, Rabu (23/8/2017).

Mahasiswa Psikologi Universitas Airlangga angkatan 2015 itu mengatakan, dirinya selalu mengecamkan kata-kata semangat yang didapatkan dari pelatihnya. Yakni selalu optimis bisa menyabet medali emas untuk mengharumkan nama bangsa.

"Berbekal doa, usaha, suport dari semua elemen untuk bisa meraih itu. Dan berbekal persiapan yang matang insya Allah bisa," urainya.

Selain dapat menyumbangkan emas bagi ibu pertiwi hingga bendera berwarna merah putih kembali mengudara di kancah Internasional, apa yang akan dilakukan? "Bersyukur karena telah meraih emas di Sea Games kali ini. Sekembalinya nanti, saya akan berlatih lebih giat lagi. Jika pusat pelatihan di Surabaya, saya janji akan berlatih dan tetap hadir perkuliahan. Namun, jika di Jakarta. Semoga pihak kampus bisa mengizinkan," jelasnya.

Diananda juga berpesan untuk seluruh rekan mahasiswa agar tidak ragu-ragu untuk berprestasi di bidang yang ditekuni. "Jangan ragu untuk meraih prestasi selagi kita masih mampu," tandasnya.

Berikut cuplikan wawancara lengkap wartawan beritajatim.com (Bj) dengan Deanananda (Da).

Bj: Yang terlintas pertama kali ketika mengikuti seagames atau kejuaraan serupa?
Da: Yang terlintas adalah pertama saya yakin, saya pasti bisa mendapatkan emas.

Setelah berhasil mendapatkan emas, apa yg akan dilakukan?
Bersyukur karena telah diizinkan untuk bisa meraih emas di Sea Games kali ini dan sekembalinya akan berlatih lebih giat lagi, jika memungkinkan untuk berlatih di surabaya saya akan hadir perkuliahan.

Bagaimana dengan kuliah di Psikologi Unair. Apa menarget lulus cepat atau bagaimana?
Untuk kuliah, karena saya juga tergabung dalam pelatnas panahan di jakarta jadi mohon bisa diberi kemudahan untuk izinnya. Tetapi saya juga bertanggung jawab untuk kuliah, jadi jika ada waktu luang tidak latihan dan saya bisa hadir ke kampus saya akan kuliah, paling tidak ada win win solution, alhamdulillah kalau saya bisa lulus cepat.

Pesan buat adik adik mahasiswa dan masyarakat?
Pesan untuk teman-teman mahasiswa jika ada kesempatan untuk berprestasi di bidangnya, selagi kita mampu jangan ragu untuk meraihnya. Untuk masyarakat semoga dengan hasil yg kami raih bisa menjadi motivasi untuk berkarya dan selalu positif dalam bertindak.


Apakah anda yakin bahwa orang Indonesia bisa meraih prestasi dunia?
Sangat yakin khususnya di panahan, karena dengan keterbatasan pada saat itu saja, prestasi Srikandi Indonesia di tingkat dunia, mendapatkan medali emas pertama pada olimpiade Seoul tahun 1988.

Jika sekarang dengan fasilitas yangg ada lebih? Pasti sangat bisa, walaupun memang masih banyak kekurangan tapi saya yakin, orang Indonesia bisa menjadi nomer satu di dunia.

Memang kesempatan itu ada waktunya sendiri, tinggal kita harus menjaga fokus dan tekadnya​. Namun, jika bersama-sama berusaha meraih prestasi, ketika kesempatan tersebut datang pada kita mesti kita akan selalu siap menggapainya.


Apa bekalnya untuk mendukung atlet lain yang harusnya difasilitasi negara?
Jadi semua harus saling terkait dan saling mendukung untuk menjadi satu-kesatuan, mulai dari atlet, pelatih, pengurus dan juga pemerintah. [ito/suf]

Tag : atlet

Komentar

?>