Siapa Dia

Santri ‘Pondok Kecil’ Juara 1 Kompetisi Bahasa Mandarin

Pamekasan (beritajatim.com) – Amirul Islam, salah satu santri LPI Maktab Nubdzatul Bayan (Maktuba) Al-Majidiyah Palduding, Plakpak, Pagantenan, Pamekasan, berhasil menorehkan prestasi dalam kompetisi Bahasa Mandarin tingkat nasional.

Prestasi tersebut diraihnya pada kompetisi Bahasa Mandarin Tingkat Nasional yang digelar di Jakarta, Sabtu (20/4/2019) kemarin. Bahkan dalam kompetisi tersebut, ia keluar sebagai yang terbaik alias juara 1.

“Sebelumnya ananda Amirul Islam mengikuti proses seleksi di tingkat regional Jawa Timur, di Surabaya. Akhirnya ia terpilih sebagai salah satu utusan dari Jawa Timur ke kencah nasional dan alhamdulillah juara,” kata salah satu pengurus LPI Maktuba Palduding, Alamul Ulya, Minggu (21/4/2019).

Untuk diketahui, LPI Maktuba Palduding merupakan pesantren yang memfokuskan pada anak usia dini atau dikenal dengan sebutan Pondok Kecil. Karena para santri yang belajar di pesantren tersebut pada umumnya masih berusia anak-anak.

Selain itu, LPI Maktuba Al-Majidiyah Palduding atau yang akrab didengar ALPAD resmi berdiri sejak 2009 atau bertepatan dengan 1430 Hijriah dibawah asuhan KH Abd Mu’in Bayan Ahmad Mahfudz Zayyadi. Sekaligus sebagai cabang dari Maktuba Bata-Bata, Panaan, Palengaan.

LPI Maktuba ALPAD didirikan berdasar dorongan dari masyarakat luas untuk mendirikan Maktuba khusus putri di Palduding, terlebih banyak di antara masyarakat yang menginginkan anak mereka memondokkan putri mereka agar memiliki kemampuan membaca kitab kuning sejak dini.

Saat ini tercatat ribuan santri sudah mondok di lembaga pendidikan yang baru ‘seumur jagung’, apalagi di pesantren tersebut tidak hanya mengajarkan santri dengan materi ilmu agama. Tetapi juga materi bahasa asing, seperti Bahasa Arab, Inggris, Jepang hingga Mandarin. [pin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar