Siapa Dia

Melalang Buana di Klub Besar, Hamka Hamzah Putuskan Pensiun di Arema FC

Tim Arema FC di Kompetisi Liga 1 2018

Malang (beritajatim.com) – Sosok Hamka Hamzah sebagai palang pintu lini pertahanan dianggap sebagai yang terbaik di Indonesia. Semasa muda, dirinya pernah berkarir di sejumlah klub besar tanah air, bertitel juara.

Persija Jakarta, Persik Kediri, Sriwijaya FC, PSM Makassar, Borneo FC, dan Arema FC pernah merasakan jasa mantan pemain andalan Timnas Indonesia ini. Nyaris disemua klub yang pernah dibela dia selalu dipercaya sebagai kapten tim.

Kini pemain asal Makassar itu telah berusia 35 tahun. Usia veteran bagi pesepak bola. Dia pun mengisyaratkan akan pensiun pada usia 36 tahun. Arema FC dipilih sebagai tim terakhirnya. Musim kompetisi 2020 mendatang bakal menjadi musim terakhir pecinta sepak bola melihat permainan Hamka Hamzah.

“Tahun 2020 insyallah merupakan perjalan akhir seorang Hamka Hamzah sebagai pemain sepak bola. Tahun depan saya ingin jadi pelatih,” ujar Hamka Hamzah.

Hamka Hamzah berposisi bek tengah, dikenal sebagai pemain yang tempramental. Disisi lain, meski berposisi pemain belakang dia juga jago dalam urusan mencetak gol. Dia merupakan penyandang pemain terbaik Piala Presiden 2019.

Hamka memutuskan pensiun di Arema, karena telah jatuh hati dengan iklim sepak bola Malang. Dia sendiri berencana menjadi asisten pelatih Arema FC, atau menjadi pelatih akademi Arema FC untuk mencari bakat pesepakbola di pelosok Malang Raya.

“Saya akan pensiun di Arema, saya akan jadi pelatih atau asisten pelatih. Kalau bisa jadi pelatih tim muda dan mencari bibit pemain muda di Malang Raya,” tandasnya. [luc/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar