Siapa Dia

Ketua Fraksi Nasdem Dirundung di Medsos

Jember (beritajatim.com) – Ketua Fraksi Partai Nasional Demokrat DPRD Jember Gembong Konsul Alam jadi bulan-bulanan di media sosial. Ini gara-gara dia mengambil sikap berbeda dalam pemungutan suara untuk mengambil keputusan perlu tidaknya Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Perubahan Anggaran Senmentara (KUA-PPAS) ditunda.

Dalam rapat antara Badan Anggaran dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah di DPRD Jember, Jumat (15/11/2019) silam, seluruh anggota Banggar yang hadir setuju dengan penundaan pembahasan. Penundaan ini terkait belum adanya kejelasan status Struktur Organisasi dan Tata Kelola Kelembagaan (SOTK) di tubuh Pemerintah Kabupaten Jember. Sekretaris Kabupaten Jember yang juga Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah, Mirfano, saat itu mengakui jika SOTK ini masih dikonsultasikan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Gembong menjadi satu-satunya anggota Banggar yang menolak penundaan. “Karena KUA sudah disetujui kemarin, jadi sudah jelas bahwa dasar SOTK kita adalah Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2016 dan itu tidak bermasalah di pembahasan APBD 2017, 2018, 2019. Kenapa ini harus dikaitkan dengan SOTK. Jadi ini sebaiknya dilanjutkan, karena tahapan (pembahasan) KUA sudah selesai kemarin. Sekarang kita bicarakan PPAS,” katanya saat itu.

Rupanya rapat tersebut disiarkan secara langsung lewat Facebook oleh Kustiono Musri, salah satu warga yang ikut menyaksikan rapat tersebut. Tak urung, banyak yang tahu jika Gembong memiliki suara berbeda. “Aduh, saya diilok-ilokno (dicaci maki) di media sosial,” katanya kepada┬áberitajatim.com.

Gembong sendiri merasa tidak keliru dalam bersikap. “Bagaimana pun saya harus pro dengan kebijakan bupati soal KUA-PPAS, karena ‘rekom politik’ Nasdem sebagai partai pengusung dan pendukung Bupati Faida sampai masa jabatan berakhir pada 2021,” katanya.

Bagi Gembong, ini konsekuensi sebuah pilihan dan sikap politik. Ia tidak mempersoalkan pihak-pihak yang menyerangnya di media sosial dan menganggap itu sebagai bagian dari demokrasi. [wir/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar