Siapa Dia

Gus Sholah: Aspek Hukum Dominasi Bahasan Alquran daripada Iptek

Jember (beritajatim.com) – Umat Islam lebih banyak membahas Alquran dari aspek hukum daripada ilmu pengetahuan dan teknologi. Padahal Alquran juga mengajarkan hal-hal terkait iptek.

“Buktinya terdapat kurang lebih delapan ratus ayat di Alquran yang terkait Iptek dan hanya 150-an ayat saja yang membahas mengenai hukum,” kata KH. Sholahuddin Wahid, pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, saat memberikan sambutan pada acara penandatanganan kerjasama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) di Madrasatul Quran, Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Selasa (28/5/2019).

“Sayangnya justru lebih banyak buku dan kitab yang membahas mengenai ayat di Alquran tentang hukum, dibandingkan dengan buku dan kitab yang membahas ayat di Alquran yang mengkaji iptek,” kata Gus Sholah, sapaan akrabnya, sebagaimana dilansir Humas dan Protokoler Universitas Jember di Kabupaten Jember, Kamis (30/5/2019).

Gus Sholah meminta umat Islam dan bangsa Indonesia harus menguasai Iptek agar mampu mandiri. Ponpes Tebuireng sendiri membuka SMA Pesantren Sains (Trensains) sebagai salah satu usaha untuk menyiapkan santri yang juga piawai dalam menguasai berbagai bidang iptek.

SMA Trensains Tebuireng mengadopsi kurikulum pesantren dan nasional. “Sementara pembelajarannya mengedepankan dialektika antara agama dengan sains. Harapannya akan menghasilkan lulusan yang memiliki Iman dan taqwa sekaligus menguasai iptek,” kata Gus Sholah.

Dalam kesempatan itu BPPT menyerahkan fasilitas air siap minum (arsinum) bagi Madrasatul Quran Tebuireng sebagai awal kerjasama di bidang penerapan Iptek di lingkungan pondok pesantren. [wir/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar