Siapa Dia

Artefak Sejarah Persebaya Sulit Ditemukan

Surabaya – Penulisan sejarah Persebaya Surabaya semakin diminati. Namun penulisan sejarah itu masih terkendala arsip dan dokumen awal masa pendirian.

“Data primer arsip tentang pendirian persebaya, artefak (memorabilia) pada awal pendirian sampai era kemerdekaan masih belum ditemukan,” kata Rojil Bayu Aji, sejarawan sepakbola dan Persebaya.

Sebenarnya ini bukan hanya persoalan yang dihadapi dalam penulisan sejarah Persebaya, tapi juga klub-klub lain di Indonesia. “Oral history melalui wawancara bisa menjadi alternatif untuk mengisi kekosongan yang tak didapat dari arsip dan dokumen,” kata Aji.

Namun memang menemukan narasumber lama yang tahu sejarah Persebaya secara komprehensif, menurut Aji, seperti mencari jarum dalam jerami. “Harus sabar dan istikomah,” kata Aji.

“Apabila masih belum ditemukan, jalan lainnya adalah mewawancarai pelaku sejarah (pengurus, pemain, suporter dan penonton). Info dari mereka harus digali terus dan dikroscek dengan lainnya dan literatur sehingga komprehensif,” kata alumnus pascasarjana sejarah Universitas Gajah Mada ini. (wir/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar