Siapa Dia

Almarhum Caleg Dicoblos Ribuan Pemilih, Istri Terkejut

Miftahul Ulum dan Tatin Indrayani

Jember (beritajatim.com) – Tatin Indrayani, istri Miftahul Ulum, almarhum calon legislator DPRD Jawa Timur dari Partai Kebangkitan Bangsa, terkejut saat tahu ada puluhan ribu orang pemilih mencoblos nama sang suami di bilik suara, Rabu (17/4/2019) lalu.

Ulum mendapat kurang lebih 21 ribu suara. Berdasarkan hasil rekapitulasi sementara Dewan Pimpinan Cabang PKB Jember, perolehan suara partai untuk pemilihan DPRD Jatim di kabupaten tersebut mencapai 135.192 suara. Sekitar 15,96 persen di antaranya disumbangkan oleh Ulum.

“Memang sudah banyak info dari teman-teman pasca pemilu kemarin, antusiasme masyarakat memilih beliau. Ini mengagetkan dan membuat saya terharu. Beliau sudah tidak ada, tapi masih mendapat amanah dari rakyat,” kata Tatin, Kamis (25/4/2019).

“Mungkin inilah jawaban dari totalitas beliau selama jadi kader PKB. Beliau benar-benar serius menjadi politisi, walau sangat sederhana. Ternyata itu yang ada di hati masyarakat. Saya sangat terharu. Kami ucapkan terima kasih yang banyak kepada masyarakat,” kata Tatin.

Selama ini, Ulum mendekati masyarakat dengan bahasa kekeluargaan. “Kami terus mengayomi masyarakat. Ini yang kami saksikan sebagai keluarga. Yang terus dilakukan adalah menyentuh masyarakat level bawah. Kami menepis adanya money politics,” kata Tatin.

Totalitas Ulum ini terkadang mengorbankan waktu untuk keluarga. “Terkadang waktu untuk keluarga sangat minim. Kami lebih mengutamakan konstituen ketimbang keluarga. Itu yang memang terkadang pada satu sisi membuat saya kaget: oh, kok begini ya menjadi keluarga politisi. Tapi jawabannya hari ini membuat saya terharu,” kata Tatin.

Ulum sempat mengalami koma sekian hari setelah ditabrak pengendara sepeda motor di dekat rumahnya, 30 Maret 2018. Tempurung kepalanya sempat harus dioperasi. Setelah pulih, dia kembali bekerja menjalin silaturahim di titik-titik simpul warga Nahdliyyin, mulai dari Kecamatan Ledokombo hingga Sumberbaru.

Bahkan dua hari sebelum masuk rumah sakit lagi dan akhirnya meninggal dunia pada 21 November 2018, Ulum masih sempat ke Kecamatan Sumberbaru. “Beliau masih menyempatkan waktu berkeliling kecamatan menguatkan kader-kader PKB. Beliau turun ke komunitas tertentu dengan membawa kader caleg PKB tingkat kabupaten untuk bersinergi,” kata Tatin.

Tatin sendiri mencalonkan diri menjadi legislator DPRD Jember di Daerah Pemilihan III. “Insya Allah, mudah-mudahan di Dapil III PKB mendapat dua kursi. Kursi kedua untuk saya. Mudah-mudahan bisa melanjutkan perjuangan almarhum,” katanya.

Tatin menjadi anggota DPRD Jember 2014-2019 dan mengaku banyak belajar dari Ulum. “Selama satu periode, saya mendampingi bukan hanya sebagai istri, tapi juga partner beliau. Banyak edukasi politik yang diajarkan. Saya sebagai istri ketika melakukan kesalahan tetap ditegur beliau, tidak serta-merta ditoleransi begitu saja,” katanya. [wir/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar