Siapa Dia

Al Mudatsir Kapten Kapal RSTKA Terima Penghargaan dari Beritajatim.com

Surabaya (beritajatim.com) – Kapten Kapal Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga (RSTKA) hari ini mendapatkan penghargaan pertama kalinya sebagai Kapten Pelayar Kapal Sosial yang diberikan oleh beritajatim.com dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 13, Senin (1/4/2019) di Ballroom Hotel Shangri La Surabaya.

Kapten Kapal tersebut adalah Al Mudatsir, pria kelahiran 4 February 1976, Kabupaten Bulu Kumba Makassar ini telah menahkodai Kapal RSTKA sejak pertama kapal RSTKA berlayar pada September 2017 lalu.

Sedangkan RSTKA sendiri merupakan kapal medis dengan misi sosial yang digagas dan di miliki oleh Universitas Airlangga (UNAIR) dan Ikatan Alumni Fakultas Kedokteran (IKA FK UNAIR).

Al Mudatsir bersama Kapal RSTKA telah mengarungi banyak pulau Indonesia. Al Mudatsir menghantarkan Kapal RSTKA ke berbagai lokasi dengan fasilitas medis yang membutuhkan dan lokasi bencana seperti gempa Lombok hingga tsunami Palu.

Kapten Al Mudatsir adalah mantan kapten kapal pesiar mewah yang memutuskan untuk terjun menjadi Kapten Kapal pembawa misi sosial bersama RSTKA. Selama berlayar bersama RSTKA, ia memimpin 5 anak buah kapal (abk) dan tim medis.

Memperoleh penghargaan dari beritajatim.com, Al Mudatsir mengaku senang, pasalnya penghargaan ini adalah perhargaan pertama yang diperoleh atas nama pria yang mulai melaut pada 1998 ini.

“Penghargaan ini adalah kebanggaan tapi juga beban. Karena harus mempertanggung jawabkan sikap dan pelayaran ini tetap pada misi yang baik. Karena ini kepercayaan yang harus dipegang erat,” ungkap Al Mudatsir.

Al Mudatsir pun membagikan pengalaman nya selama berlayar bersama RSTKA, yakni ketika berlayar dari Maluku ke Wakatobi kapal pernah dilanda badai topan.

“Gelombangnya sampai 3 meter, barang barang di kapal sudah jatuh berserakan, tidak bisa jalan di kapal. Semua panik tapi sebagai kapten saya bilang, ini sudah biasa, tidak usah panik. Saya harus memberikan ketenangan, kekuatan juga harapan,” tuturnya.

Al Mudatsir pun sebelumn berlayar bersama RSTKA juga pernah mengikuti Akademi Pelayaran Barombong pada 2010-2011. [adg/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar