Workshop Komplementaritas Program Keluarga Harapan Diikuti Dinsos dan Peksos Se Jatim

IMG-20190804-WA0002
Workshop Komplementaritas

Surabaya – Berlokasi di Hotel Haris Kota Pahlawan undangan workshop komplementaritas Program Keluarga Harapan dilaksanakan mulai 1 sampai 3 Agustus 2019.

Kegiatan workshop komplementaris diinisiasi oleh Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur dihadiri 100 undangan terdiri dari delegasi Dinas Sosial Kabupaten Kota yang membidangi bantuan sosial dan pekerja sosial supervisor Program Keluarga Harapan 38 kabupaten kota.

Pelaksanaan kegiatan workshop komplementaritas Program Keluarga Harapan dimulai dan dibuka hari pertama langsung oleh sekretaris Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur. Selain itu turut serta kepala bidang perlindungan jaminan sosial, serta dipandu secara komprehensif oleh lima koordinator wilayah di Jawa Timur.

Kepala bidang perlindungan dan Jaminan Sosial Provinsi Jawa Timur menyampaikan data terbaru mengenai keberhasilan capaian pengurangan angka kemiskinan di Jawa Timur melalui Program Keluarga Harapan.

Kemudian data graduasi baik mampu, mandiri dan sejahtera  mandiri di 38 kabupaten kota di Jawa Timur juga diurai dalam kegiatan workshop komplementaritas Program Keluarga Harapan.

Pendampingan graduasi (keluar dari kepesertaan) oleh pendamping sosial Program Keluarga Harapan dipandu peksos supervisor turut serta memberikan andil besar secara komprehensif dalam melaksanakan kinerja.

Kepala biro perekonomian Provinsi Jawa Timur juga menyampaikan program yang bisa dijadikan jejaring untuk mereka peserta graduasi (keluar kepesertaan). Program tersebut diantaranya melalui akses penyerapan informasi akses usaha mandiri dengan mengakses laman situs yang telah disediakan oleh bidang biro perekonomian Provinsi Jawa Timur.

Workshop komplementaritas menjadi semakin menarik karena juga dilakukan focus group discuss (FGD) melibatkan Dinas Sosial kabupaten kota, pekerja sosial supervisor diarsiteki langsung oleh koordinator wilayah dan dicatat langsung diskusi oleh administrasi pangkalan data, seperti misalnya pada kelompok satu membahas kendala penyebab dan solusi komplementaritas baik kepemilikan bantuan  pangan non tunai (bpnt), program Indonesia pintar (PIP), jaminan kesehatan nasional (jkn).

Pemaparan hasil diskusi komplementaritas Program Keluarga Harapan yang dilaksanakan di Kota Surabaya (Hotel Haris) selanjutnya menjadi bahan lampiran yang akan disampaikan ke Kementerian Sosial.

Koordinator Regional Jawa Program Keluarga Harapan memandu pelaksanaan pemaparan hasil diskusi komplementaritas tersebut.

 

 

 

 

 

Pekerja sosial supervisor PKH

Kota Batu, Moch. Ferry Dwi Cahyono

Apa Reaksi Anda?

Komentar