PKH Kota Batu Diskusi Upaya Pencegahan Kekerasan Pada Anak

IMG-20190611-WA0010
Pertemuan peningkatan kemampuan keluarga (p2k2)/family development session (fds)

Batu – PKH Kota Batu  mengawali Syawal 1440 H dengan menggelar  pertemuan rutin sebulan sekali dilaksanakan di Torongrejo Kecamatan Junrejo Kota Batu.

Keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial di Kota Batu membawa peralatan tulis untuk mencatat materi yang disampaikan fasilitator.

Beberapa bahasan ketika fasilitator menyampaikan diantaranya pertama mengenal hak anak, hak anak yang dimaksud hak sipil dan kebebasan, hak hidup dalam keluarga dan pengasuhan alternatif, hak pendidikan, waktu luang dan kegiatan budaya, hak perlindungan khusus.

Kedua mengetahui definisi kekerasan terhadap anak, perlakuan salah dan jenis kekerasan terhadap anak.

Upaya Pencegahan Kekerasan dan Perlakuan Salah

Mencegah kekerasan dalam pengasuhan anak penting untuk tumbuh kembang anak, mengingat anak acapkali berinteraksi dengan keluarga (orangtua).   Sebagian besar keluarga penerima manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial di Kota Batu merawat dan mengasuh anak secara langsung dalam kesehariannya.

Metode yang dipergunakan fasilitator dalam menyampaikan materi pertemuan peningkatan kemampuan keluarga (p2k2)/family development session (fds) ceramah, tanya jawab, diskusi, berbagi kasus. Nampak beberapa keluarga penerima manfaat bercerita kepada fasilitator mengenai kasus yang dijumpai dan menanyakan solusi penanganannya.

Alat atau media yang dimanfaatkan dalam menyampaikan materi pertemuan peningkatan kemampuan keluarga (p2k2)/family development session (fds) diantaranya flip chart upaya pencegahan kekerasan dan perlakuan salah, alat tulis.

Jumlah keluarga penerima manfaat hadir dalam kegiatan pertemuan peningkatan kemampuan keluarga sebanyak dua puluh peserta Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial.

Peksos supervisor PKH Kota Batu

Moch. Ferry DC.

Apa Reaksi Anda?

Komentar