MSI Gelar Uji Kompetensi bidang Manajemen Sumber Daya Manusia

Surabaya (beritajatim.com) – Merujuk Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor M/5/HK.04.00/VII/2019 kini setiap jabatan bidang Manajemen Sumber Daya Manusia di setiap perusahaan wajib memiliki sertifikat kompetensi sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

Ketentuan itu diberlakukan untik mewujudkan Sumber Daya Manusia Perusahaan yang kompeten, kompetitif, beretika, dan patuh pada ketentuan yang berlaku serta guna membangun hubungan industrial yang harmonis di perusahaan.

“ Ketentuan itu akan segera berlaku, karena itu kami mengadakan kegiatan Uji Kompetensi Manajemen Sumber Daya Manusia. Para Manager MSDM yang belum memiliki sertifikat bisa segera mendaftarkan diri,” kata Direktur Magnet Solusi Integra (MSI), I Novianingtysatuti, Selasa (8/10/2019).

Novianingtyastuti menambahkan, sertifikasi kompetensi menggunakan skema sertifikasi kompetensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan mengacu pada SKKNI bidang Manajemen MSDM yang berlaku.

Karena pentingnya sertifikat kompetensi itu, lanjut Novianingtyastuti, pihak MSI melengkapi program uji kompetensi itu dengan kegiatan pembekalan yang akan dilakukan oleh para pakar dan praktisi bidang MSDM.

Mereka adalah Zamroni, ST., MM, Made Swasthika, MM, Dr. Maria Eko Sulistyowati, MM., Psikolog dan Achmad Zubaidi, SH. Para pakar dan praktisi ini rata-rata telah berpengalaman lebih dari 20 tahun di bidang MSDM.

“Untuk kegiatan pertama ini masih berlaku tarif promo. Jauh lebih murah dari harga umun. Untuk program pelatihan dan uji kompetensi jabatan Industrial Relations Manager dan jabatan Human Resources Manager hanya Rp 5,25 juta. Sementara untuk Human Capital Supervisor Rp 4 juta,” tambah alumnus Fakultas Psikologi Universitas Airlangga ini.

Ditambahkan, kegiatan pelatihan untuk jabatan Industrial Relations Manager akan dilakukan selama 2 (dua) hari, tanggal 12 dan 26 Oktober. Sementara pelatihan untuk jabatan Human Resources Manager dilakukan 5 kali, tanggal 12,13, 19, 20 dan 26.

“Materi pelatihan untuk jabatan Human Resources Manager lebih lama karena materi yang diujikan memang lebih banyak. Jadi pembekalan harus lebih detail,” jelas alumnus Magister Management Universitas Bina Nusantara (Binus) ini.

Sedangkan pembekalan untuk jabatan Human Capital Supervisor dilakukan 13, 19 dan 26 Oktober. “Semua kegiatan uji kompetensinya untuk semua jabatan dilakukan serentak tanggal 27 Oktober,” katanya saat ditemui di kantornya Jl Ciliwung 65.(ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar