Lipstik dari Ekstrak Umbi Karya Mahasiswa Unair

Empat mahasiswa Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya dari Fakultas Sains dan Teknologi membuat inovasi lipstick dari ekstrak umbi bit merah (Beta Vulgaris). Ekstrak umbi bit merah mengandung pigmen betasianin yang menghasilkan warna ungu kemerahan dan pigmen betaxanthin yang menghasilkan warna kekuningan yang cocok digunakan sebagai pewarna lipstick.

“Ide awal pembuatan lipstik dari umbi bit merah karena kami resah dengan lipstik yang menggunakan pewarna merah K3,” kata Eka selaku ketua tim.

Seperti yang diketahui bahwa pewarna merah K3, Rhodamin B (CI 45170, Pigmen Orange 5) hanya boleh digunakan untuk mewarnai tekstil.

“Pewarna merah K3 bersifat karsigonik yang bisa menyebabkan kanker, teratogenik yang bisa memicu kelainan pada janin dan bisa membuat iritasi kulit,” jelas Salsa salah satu anggota.

Oleh karena itu, Eka Putri Armadani, Nurul Istikhomah, Erlyn Narishki, dan Salsa Bila Novita Sari mencari bahan alternatif yang alami dan aman untuk pewarna bibir. Umbi bit merah menjadi salah satu sumber betalanin yang tinggi. Betalanin sangat baik untuk mencerahkan warna kulit.

Lipstik dari umbi bit merah ini diberi nama Funtastis Lipcard. Funtastis Lipcard karya mahasiswa Universitas Airlangga tersebut juga mengandung beeswax yang bisa mencegah perkembangan bakteri di bibir. Selain itu, di dalam Funtastis Lipcard juga mengandung minyak zaitun untuk merawat kelembutan bibir. Funtastis Lipcard juga mengandung cocoa butter yang mengandung vitamin A, C, dan E untuk melembabkan bibir.

“Kami juga sudah membuka sistem pre-order di lingkungan kampus. Harga jualnya cukup murah sekitar Rp 25.000,- per pcs,” jelas Erlyn yang juga anggota tim.

Sebgai informasi, Funtastis Lipcard merupakan salah satu Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang berhasil didanai Kmeristek Dikti (Kementrian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi) di bidang Kewirausahaan, yang dibimbing langsung oleh Dr. Mohammad Imam Utoyo, M.Si.[ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar