Kelompok Usaha Bersama Sumberejo Mitra Hotel Berbintang di Kota Batu

IMG-20190704-WA0052

Batu – Salah program pemberdayaan sosial ekonomi keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan Kota Batu berbagai kelompok usaha bersama (Kube) Sumberejo.

Kelompok usaha bersama (Kube) Sumberejo berjumlah anggota 19 keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan Kota Batu. Ketua kelompok usaha bersama Sari Rejo bernama Sukarti.

Tahun berdiri kelompok usaha bersama (Kube) Sumberejo diawali 2015, berarti sudah berkiprah selama empat tahun semenjak meretas kegiatan ekonomi usaha bersama.

Awalnya keluarga penerima manfaat (kpm) Program Keluarga Harapan Kota Batu berlokasi di Sumberejo Kecamatan Batu Kota Batu sudah ada kelompok usaha bersama (kube) sambel pecel.

Kemudian Dinas Sosial Kota Batu bekerjasama dengan pihak swasta sebagai pembina atau pembimbing dari beberapa kelompok usaha bersama (kube) Program Keluarga Harapan  di kota Batu.

Saat itu yang di gandeng hotel Purnama, Jatim Park 2, Musium Angkut, hotel Orchid,  karena sumberejo dekat dengan hotel Orchid maka hotel Orchid sebagai pembina kelompok usaha bersama (kube) sumberejo.

Kemudian Program Keluarga Harapan Kota Batu duduk bersama dengan Hotel Orchid kira-kira produk apa yang berpeluang bisa masuk hotel dan keluarga penerima manfaat (kpm) dapat membuat produk itu, ternyata hotel butuh produk  kue tradisional ( cenil, lopes, ongol-ongol, orog-orog, getok) dan keluarga penerima manfaat (kpm) sanggup membuat kue tersebut sesuai standart.

Awalnya agak sulit mengikuti standart hotel, akan tetapi hhotel bisa memaklumi kekurangan itu dan tetap membeli kue kpm meskipun hslnya kurang memuaskan. Seiring berjalan waktu dan karena kegigihan kpm dalam belajar ahirnya produk mereka sudah sesuai dengan standart hotel. Saat ini tidak hanya kirim dihotel tapi kadang di Dinsos ketika ada rpt, di online juga, dan satu-satunya yang berhasil masih eksis kerjasama antara kube dan pihak swasta hanya kube Sumberejo dan hotel Orchid lain tidak ada yang berlanjut.

Peranan dinsos sebagai perantara penghubung antara kube dan pihak swasta (hotel orchid) sebagai salah satu pengurus PHRI Kota Batu juga hotel berbintang.

Setiap ada masalah dengan hotel seperti pembayaran kadang telat atau produk keluarga penerima manfaat (kpm) sebagai mitra usaha yang kurang pas disitu peran pendamping sosial selalu menjembatani ,mengadvokasi agar sama-sama berjalan beriringan.

Kelompok usaha bersama Sari Rejo dalam menjalankan praktik jual beli atau usaha memiliki kendala diantaranya kemampuan sumber daya manusia Program Keluarga Harapan Kota Batu tidak merata yang bisa dan mampu produksi kue.

Adapun kunjungan ke kelompok usaha bersama Sari Rejo darimana saja bahkan perwakilan negara Banglades dan Kementerian Sosial, PKH Nusa Tenggara Barat, mahasiswa Universitas Brawijaya.

Harapan ke depan  peningkatan skill atau ketrampilan sumber daya manusia kelompok usaha bersama Sari Rejo Sumberejo Kecamatan Batu Kota Batu.

Semenjak 2015 hingga Juli 2019 laba usaha perbulan bisa mencapai 2,5 juta perbulan.

Peksos supervisor PKH Kota Batu

Moch. Ferry Dwi Cahyono

Apa Reaksi Anda?

Komentar