Indonesia Ekspor 10 Ribu Sepeda Bambu Tembus Sampai ke 7 Negara

Ryda Istiana

Malang – Apa yang luar biasa dari bamboo ini? Perpaduan yang menarik antara kekuatan ramah lingkungan, dan sensualitas. Bambu sangat ringan tetapi tetap menawarkan kekuatan tegangan yang lebih daripada baja dan dia juga bisa mengurangi guncangan dan getaran dengan lebih baik.

Anda harus tau dibalik kesan bambu yang terlihat murahan di mata masyarakat ternyata bisa menghasilkan barang yang unik dan mahal. Bambu punya kelebihan-kelebihan lain jika diolah dengan baik dan benar.

Termasuk untuk pembuatan frame sepeda masih banyak yang menganggap kemahalan. Beda halnya dengan konsumen luar negeri atau dari dalam negeri yang sudah mengerti bagaimana karakteristik dan nilai estetika bambu.

Keadaan bambu yang begitu melimpah ruah di Indonesia, salah satunya di provinsi Jawa Barat mampu dimanfaatkan secara local untuk menciptakan produk dari bambu yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi, salah satu produk tersebut adalah “Sepeda Bambu” yang mampu menembus pasar internasional, sehingga peluang ekspor bamboo sangat terbuka lebar.

Potensi ekspor sepeda bambu ke beberapa negara sangat tinggi, karena bentuk yang unik dan kuat untuk dijadikan sebagai alat transportasi. Sepeda bamboo ini dibuat dengan cara diboseh buatan kelompok Haur tersebut, kini menjadi incaran para pengguna sepeda hingga kolektor.

Pemesan produk unik buatan Gun Gun tersebut bukan hanya dari Indonesia,namun hingga kemancanegara (Amerika, Perancis, Brazil, Austria, Jepang, Malaysia, dan Negara lainnya). Untuk urusan kualitas dan ketahanan tak perlu diragukan lagi. Adapun proses pembuatan rangka sepeda ini dikerjakan di dua bengkel kerja, yaitu di Jalan PHH. Mustofa  (Jln. Suci) dan workshop di Jalan Laswi, Kota Bandung, Jawa Barat. Untuk jenis bambu yang digunakan adalah Phyllostachys Aurea Ginna.

 Jenis bamboo tersebut dipilih karena memiliki karakteristik yang unik memiliki jarak antar ruas buku, yang antara 5 hingga 12 cm; serta kerapatan daging bambu yang lebih banyak dari pada ketebalan gabusnya.

Hingga kini, frame sepeda haur yang telah diproduksi oleh bengkel Gun Gun Gunawan dan Iman telah mencapai ribuan unit. Adapun jenis sepeda yang dibuat dari fixie, road bike, sepeda lipat, sepeda gunung, hingga sepeda tandem. Untuk harga disesuaikan dengan komponen yang diinginkan pemesan. Namun kisaran untuk frame saja dari harga 7,9 juta dan lengkap 16 juta hingga yang ekslusif dengan harga 100 juta lebih. “Rekor” pemesanan dengan harga 100 jutaan tersebut adalah pesanan dari seorang pemilik hotel ternama di Bandung.

 Mengapa bamboo menjadi pilihan lain untuk membuat sepeda, selain karena daya tahan dan elastisitasnya. Berikut alasannya.

 Bambu merupakan tanaman yang cepat tumbuh. Beberapa jenis bamboo dapat tumbuh 35 inci selama 24 jam, dan bamboo terus tumbuh setelah dipanen [tanpa perlu ditanam ulang]. Sehingga bamboo menjadi bahan baku yang tak ada habisnya. Untuk membuat rangka sepeda, hanya memerlukan beberapa batang bamboo saja. Bambu tidak menimbulkan masalah alam, tidak seperti bahan rangka dari alumunium, titanium, atau serat karbon. Beratnya ringan dan mampu meredam guncangan.

 Sekarang tutorial caramembuat sepeda bamboo bias ditemukan di dunia maya. Dan membuat sendiri sepeda bambu menjadi gerakan yang terus berkembang. Itu berarti sepeda bamboo bias menjadi mesin hijau baru yang sangat murah nantinya. Anda tertari kuntuk membuatnya? Ada sebuah workshop di Beijing, China, memberikan pelatihan cara membuat sepeda dari  bambu, namanya Bamboo Bicycles Beijing.

Bagi yang tertarik cukup luangkan waktu selama dua hari untuk mengikuti pelatihan di Bamboo Bicycles Beijing ini. Peserta akan benar-benar dipandu dari nol, mulai dari pengecatan, desain, hingga perakitannya. Lalu kemudian sepeda karya kalian bisa dibawa pulang dengan harga sekitar 4 jutaan rupiah.

 Cerita lain lagi dating dari Ghana, sebagaimana dilansir dari BBC, menurut Danso sebagai chief executive officer di Boomers International, sebuah perusahaan pembuat rangka sepeda bamboo mengatakan, sepeda bamboo mulai mendapat perhatian lebih.

 “Menurut United Nations Environment Programme diperkirakan pada tahun 2020 pasar transportasi kendaraan berkelanjutan akan mencapai 197 miliar dolar US, dan saya kira sepeda bamboo akan mengambil porsi 40% dari situ,” ujarnya.

Boomers International sendiri telah mengekspor hasil produksi rangka bamboonya kenegara Jerman, Belanda, Taiwan, dan Australia.

 Salah Satu contoh Sepeda Bambu yang di ekspor kebeberapa negara:

 Kini sepeda bamboo telah mendunia dengan segala keunikan dan misi khususnya untuk mempromosikan produk ramah lingkungan sekaligus mengentaskan kemiskinan.  Indonesia sebagai salah satu gudangnya bamboo tentunya dapat menjadikan pengalaman sukses meng internasionalisasikan sepeda bamboo untuk mengembangkan berbagai produk local khas Indonesia  tentunya dengan standar kualitas internasional.

Melalui proses kerjanya, sepeda bambu yang diproduksi jelas-jelas tak kalah bersaing dengan produk luar negeri. Dan Harga jualnya pun cukup terjangkau bagi kurs mata uang mereka, yakni Rp. 7,5 – 30 juta per unit untuk komposisi desain yang standar dengan kualitas yang baik.Dan Melalui kegigihan dan kerja keras, jumlah pesanan terus mengalami peningkatan yang cukup baik.

Para pembuat sepeda bambu di usahakan untuk lebih menambah kualitas bambu dan memberikan bahan bahan yang tidak ada campur bahan kimia. Dan membuka kerja sama dengan orang lain agar masyarakat bisa terinspirasi untuk mempunyai pekerjaan dan wawasan yang lebih banyak, khususnya orang yang masih pengangguran agar mereka juga mempunyai peluang usaha untuk memperkenalkan produk bambu.

 

Penulis

Ryda Istiana

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Manajemen

Universitas Muhammadiyah Malang

Apa Reaksi Anda?

Komentar