BNN Kota Batu Rayakan Gebyar Hari Anti Narkotika Internasional

IMG-20190714-WA0021
kantor BNN Kota Batu, Jalan Sultan Hasan Salim, Sisir, Kota Batu, Minggu (14/7/2019).

Batu (beritajatim.com) – Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) adalah suatu acara gebyar yang diselenggarakan oleh Badan Narkotika di seluruh dunia untuk mengingatkan masyarakat agar menghindari penyalahgunaan narkoba, melawan penyalahgunaan obat-obatan, dan penjualan obat secara ilegal.

HANI diperingati setiap tanggal 26 Juni secara serempak di seluruh Negara di dunia. Namun BNN Kota Batu baru menyelenggarakannya hari ini di depan kantor BNN, Jalan Sultan Hasan Salim, Sisir, Kota Batu, Minggu (14/7/2019).

“BNN Kota Batu menyelenggarakan puncak gebyar HANI hari ini karena bertepatan dengan Jambore Nasional Hijet yang kebetulan diselenggarakan di Kota Batu. Jadi kita pihak BNN Kota Batu bersinergi bersama komunitas Hijet Indonesia untuk bersama-sama mengkampanyekan bahaya narkoba”, ujar Mudawaroh, Kepala BNN Kota Batu.

Sebelum menuju gebyar puncak HANI, BNN Kota Batu juga menyelenggarakan acara Pra-HANI. Acara yang diusung yaitu dengan mengadakan sosialisasi, kampanye, penyuluhan-penyuluhan di sekolah-sekolah dan masyarakat.

“Untuk acara sosialisasi Pra-HANI kita lebih mengutamakan sekolah-sekolah, karena sesuai dengan tema HANI tahun ini yaitu ‘Millenial Sehat Tanpa Narkoba Menuju Indonesia Emas’. Kita harapkan nanti di tahun 2035 – 2045 yang nantinya kita menuju ke Indonesia emas, bibit-bibit unggul dari masyarakat kita bisa terbebas dan bersih dari narkotika”, imbuhnya.

Pada hari H, gebyar puncak HANI 2019, BNN Kota Batu menyelenggarakan olahraga bersama, yaitu Jalan Sehat dan Gowes Sehat. Rute Jalan Sehat memiliki jarak tempuh sekitar 4 – 5  kilometer, sedangkan untuk rute Gowes Sehat memiliki jarak tempuh sekitar 19,7 kilometer.

Jalan Sehat anti-narkoba ini melibatkan seluruh elemen masyarakat dan sekitar 8000 peserta didik di seluruh sekolah di Kota Batu. Untuk Gowes Sehat sendiri melibatkan sekitar 1700 goweser se Kota Batu dan sekitarnya.

“Alhamdulillah masyarakat sangat antusias terhadap acara yang kita selenggarakan hari ini. Tercatat ada 17 ribu peserta yang ikut serta dalam acara ini”, tuturnya.

BNN Kota Batu juga memberikan kupon undian bagi mereka yang mengikuti olahraga bersama dalam puncak gebyar HANI 2019. Proses pendistribusian kupon undian ini melalui door-to-door ke sekolah dan masyarakat.

Kupon yang sudah didapat bisa ditukarkan dengan berbagai doorprize menarik dan berhadiah utama 1 unit sepeda motor dan 1 unit mobil Hijet yang tentunya dengan proses undian.

Acara ini didukung oleh banyak pihak-pihak dari pemerintah seperti Pemkot Batu, Polres Batu, Kajari, Forpimda dan juga dari pihak swasta seperti Mayora, Bank Jatim, Bank Indonesia, dan lain sebagainya.

“Harapan kami utamanya untuk masyarakat dan pelajar Kota Batu, mari kita semua berpartisipasi aktif dan berperan aktif untuk melawan dan menolak narkoba”, pungkasnya.

Apa Reaksi Anda?

Komentar