Rabu, 12 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

Hina Via Grup ICWP Tanpa Sensor

Gakkumdu Ponorogo Serahkan Kasus Penghinaan Caleg PDIP ke Polda Jatim

Jum'at, 07 Desember 2018 16:28:18 WIB
Reporter : D. Istimora
Gakkumdu Ponorogo Serahkan Kasus Penghinaan Caleg PDIP  ke Polda Jatim

Ponorogo (beritajatim.com) – Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Bawaslu Ponorogo meminta tim pengacara caleg nomer urut 2 Dapil I Ponorogo PDIP Siti Noor Ainie untuk melaporkan kasus penghinaan oleh akun facebook Wira Tirta  di  grup facebook ‘ICWP tanpa sensor’ ke Polda Jatim.

Krisbianto Widhi Nugraha, kuasa hukum Siti Noor Ainiedari Badan Bantuan Hukum dan Advokasi DPC PDIP Ponorogo mengatakan, Gakkumdu beralasan bahwa materi laporan oleh timnya kurang lengkap.

Di antaranya adalah soal identidas terlapor. Padahal menurut tim kuasa hukum tersebut, berkas laporannya sudah lengkap dengan menyertakan cetak dari screenshot atas akun Wira Tirta dan unggahannya yang bernada menghina.

Soal keberadaan akun Wira Tirta yang saat ini sudah diblokir, Kris menyatakan menjadi tanggung jawab penyidik yang menangani kasu ini lebih lanjut.

“Keahlian untuk menelisik akun penghina dan membongkarnya kembali meski sudah diblokir adalah keahlian dari Tim cybercrime Polri. Kalau Gakkumdu beralasan bahwa materi pelaporan kurang lengkap itu hanya dalih lempar-lempar sana-sini saja nantinya,” ujarnya, Jumat (7/12/2018).

Menurut Kris, permintaan untuk melapor ke Polda Jatim Ini adalah isyarat lempar tanggung jawab. Pasalnya kemarin pihaknya sudah melaporkan ke Satreskrim Polres Ponorogo  dan diminta melaporkan ke Gakkumdu Bawaslu. “Lah sekarang dari Gakkumdu Bawaslu disuruh melaporkan ke Polda Jatim,” kata Kris.

Laporan Siti Noor Ainie kepada aparat hukum pertama kali dilakukan pada Rabu. Caleg nomor urut 2 di dapil Ponorogo 1 (Kecamatan Ponorogo dan Kecamatan Babadan) menyatakan, dirinya dan DPC PDIP merasa tidak terima dengan posting yang dilakukan oleh pemilik akun Wira Tirta.

Dalam posting di grup Facebook ‘ICWP tanpa sensor’, akun tersebut memajang foto dirinya yang merupakan alat peraga kampanye.

“Di situ ada penghinaan. Di atas foto kampanye saya ada tulisan ‘Gak punya prestasi untuk Ponorogo, jangan dipilih. Buruk rupa buruk hati pula.’ seperti itu. Tentu saja saya tidak terima. Kawan-kawan di partai juga tidak terima. Ada logo partai kami juga di situ karena memang mereka yang mengusung saya,” kata wanita yang akrab disapa Nora.

Ia berharap pihak kepolisian bisa bergerak cepat dan segera mengambil tindakan atas penghinaan ini. Apalagi kalau kemudian bisa melacak pemilik akun dan memprosesnya secara hukum. [dil/ted]

Tag : pemilu 2019

Komentar

?>