Senin, 10 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

Peserta SKB CPNS Ponorogo 728, K2 Hampir Pasti Lolos

Selasa, 04 Desember 2018 00:00:06 WIB
Reporter : D. Istimora
Peserta SKB CPNS Ponorogo 728, K2 Hampir Pasti Lolos

Ponorogo (beritajatim.com) – Para peserta tes CPNS Ponorogo boleh berharap-harap cemas dengan pengumuman peserta yang akan lolos ke tahap Seleksi Kemampuan Bidang (SKB) yang akan segera dilaksanakan.

Passing grade atau batas kelolosan Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) yang diturunkan dan model pemeringkatan membuat peserta tahap SKB diperkirakan mencapai 728 orang. "Kita belum tahu, tapi perkiraan ada sejumlah itu, 728 orang," ungkap Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Ponorogo Winarko Arief, Senin (3/12/2018).

Winarko menyebut nantinya akan ada dua kelompok peserta SKB. Kelompok pertama adalah mereka yang lolos berdasarkan PermenPAN-RB 37/2018 tetap dilaksanakan. Yaitu mereka yang lolos sesuai passing grade dan akan diambil tiga yang terbaik untuk menjalani SKB.

Karena hanya ada 242 peserta yang lolos passing grade saat SKD, maka masih banyak formasi yang belum terisi. Formasi-formasi yang belum terisi itu sesuai dengan PermenPAN-RB nomor 61/2018 akan diisi oleh peserta dengan nilai tertinggi bersasarkan rangking.

"Yang berdasarkan Permen-PAN 37/2018 itu disebut kelompok 1, sedangkan yang berdasar Permen-PAN 61/2018 disebut kelompok 2. Kelompok 2 ini adalah (calon) peserta SKB  dengan standar nilai yang sudah diturunkan," ujarnya.

Untuk formasi umum, dokter dan spesialis passing grade terkini adalah 255. Dan ini total, bukan skor per item SKD. Semula passing grade atau skor kelulusan adalah 298. Rinciannya, skor terendah 75 untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)  skor terendah 80 untuk Tes Intelegensia Umum (TIU) dan skor 143 untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Sementara itu passing grade untuk peserta disabilitas dan tenaga honorer K2 adalah 220. Untuk K2, Winarko menyatakan kemungkinan besar mereka lolos SKB. Sebab untk para guru K2 yang sudah lebih dari 10 tahun mengajar, skor SKB-nya adalah 100. "Jadi bisa dibilang mereka semua akan masuk," ujarnya.

Meskipun nantinya ada kelompok 1 dan kelompok 2, namun dia belum bisa menyatakan kapan SKB akan digelar. Hal tersebut sampai Senin sore masih dalam pembahasan di BKD Provinsi Jatim.

"Kapan diadakan SKB kita belum tahu. Kita nunggu petunjuk rapat terakhir hari ini di Surabaya. Apakah malam ini atau besok pagi diumumkan mereka yang lolos ke SKB, kitabelum tahu. Semua data yang kita peroleh adalah dari pusat. Jadi kita hanya diberikan surat barcode. Nanti akan kita scan dan baru muncul ID yang bisa membuat kita masuk ke data peserta SKB," pungkas Winarko. [dil/suf]

Tag : cpns

Komentar

?>