Rabu, 19 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

Kelulusan Rendah, Nilai Peserta Tes CPNS akan Dirangking

Jum'at, 16 Nopember 2018 07:15:03 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Kelulusan Rendah, Nilai Peserta Tes CPNS akan Dirangking

Jember (beritajatim.com) - Pemerintah tidak akan menurunkan nilai kelulusan (passing grade) tes calon pegawai negeri sipil dalam seleksi kompetisi dasar (SKD). Solusi mengatasi rendahnya angka kelulusan adalah dengan melakukan pemeringkatan (perangkingan) nilai peserta.

Hal ini dikemukakan Kepala Badan Kepegawaian Nasional Bima Haria Wibisana, saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Jember, Jawa Timur, Kamis (15/11/2018). Ia menyatakan, tingkat kelulusan di wilayah Indonesia barat 3,4 persen, di wilayah Indonesia tengah 2,9 persen, dan di wilayah Indonesia timur 1,7 persen.

"Kami tak akan menurunkan passing grade, karena kalau menurunkan passing grade, kami menurunkan kualitas PNS. Yang akan coba kami lakukan adalah merangking, karena yang tidak lulus passing grade ini banyak yang skornya tinggi," kata Bima.

Perangkingan ini nantinya disesuaikan dengan jumlah formasi kosong yang harus diisi. Panitia akan mengambil rangking teratas nilai peserta Seleksi Kompetensi Bidang, sesuai hasil akumulasi tes SKD. Nantinya tes SKB akan digelar di ibu kota provinsi. "Memang tidak nyaman, tapi apa boleh buat. Sewa komputernya mahal sekali. Saya butuh se-Indonesia lebih dari 50 ribu komputer. Menyewa sebanyak itu kan tidak mudah," kata Bima. [wir/suf]

Tag : cpns

Komentar

?>