Jum'at, 14 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

GARBI Mojokerto Sambut Baik Taerget Pemerintah Turunkan Angka Kemiskinan

Kamis, 15 Nopember 2018 21:45:10 WIB
Reporter : Misti P.
GARBI Mojokerto Sambut Baik Taerget Pemerintah Turunkan Angka Kemiskinan

Mojokerto (beritajatim.com) - Pemkab Mojokerto menargetkan tingkat kemiskinan sebesar satu digit yakni menjadi 8,5 persen di akhir RPJMD tahun 2021. Gerakan Arah Baru Indonesia (GARBI) Kabupaten Mojokerto menyambut baik target tersebut namun target harus diimbangi dengan support semua stakeholder yang ada.

"GARBI menyambut baik dan siap mendukung upaya pencapaian target Pemkab Mojokerto untuk menurunkan tingkat kemiskinan hingga satu digit, 8,5 persen di tahun 2021. Karena angka tersebut merupakan target optimis, mengingat resources yang dimiliki Kabupaten Mojokerto luar biasa," ungkapnya, Ketua GARBI Kabupaten Mojokerto, Luqman Fanani, Kamis (16/11/2018).

Masih kata Fanani, selain jumlah dan kualitas SDM, Kabupaten Mojokerto merupakan Ring I untuk besar UMR dan pastinya banyak industri yang bisa disinergikan program CSR untuk program pengentasan kemiskinan masyarakat. Data Disperindag Kab Mojokerto saat ini tercatat ada 64 industri besar, 121 industri menengah dan 808 industri kecil.

"Keberadaan industri tersebut di Kabupaten Mojokerto merupakan modal dasar yang strategis untuk menurunkan angka kemiskinan tersebut. "Tercatat kurang lebih 64 industri besar di Mojokerto, belum yang menengah dan kecil, kita juga punya NIP, selain menyerap tenaga kerja, khususnya industri besar punya kewajiban program CSR, bisa disinergikan dengan program Pemkab untuk menurunkan angka kemiskinan tersebut," katanya.

Belum lagi, tegas Fanani, potensi ekonomi Mojokerto yang masih bisa dioptimalkan selain sektor industri. Ada sektor pariwisata, sektor tanaman pangan dan holtikultura, sektor perdagangan, sektor kehutanan, sektor perhubungan dan sektor pertambangan. Hal tersebut, tegasnya merupakan modal strategis dan tidak semua daerah memilikinya.

"Penduduk Miskin adalah penduduk yang memiliki rata-rata pengeluaran perkapita perbulan dibawah garis kemiskinan sehingga dengan menstimulasi perekonomian masyarakat maka diharapkan tingkat kemiskinan akan turun. Semua elemen masyarakat mempunyai peran disini, pemerintah daerah sebagai motor utama dengan suport semua pihak stake holder," tegasnya.

Yakni terutama dukungan terhadap program pengentasan kemiskinan sehingga bisa turun menjadi satu digit. Data Sebelumnya tingkat kemiskinan tahun 2016 di Kabupaten Mojokerto sebesar 10,61 persen turun menjadi 10,19 persen di tahun 2017.[tin/ted]

Tag : garbi

Komentar

?>