Rabu, 19 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

162 Peserta Lolos Tes SKD CPNS Pamekasan 2018

Kamis, 15 Nopember 2018 18:15:50 WIB
Reporter : Samsul Arifin
162 Peserta Lolos Tes SKD CPNS Pamekasan 2018

Pamekasan (beritajatim.com) - Sebanyak 162 peserta dari total sebanyak 8.632 orang yang tercatat sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 di kabupaten Pamekasan, dinyatakan lolos tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang berakhir Selasa (11/11/2018) kemarin.

"Tes SKD dilaksanakan selama 18 hari, terhitung sejak 27 Oktober hingga 11 November (2018). Total peserta yang dinyatakan lolos sebanyak 162 dari total sebanyak 8.632 pelamar," kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKP-SDM) Pamekasan Lukman Hedi Mahdia, Kamis (15/11/2018).

Banyaknya peserta yang tidak lolos tersebut mengacu pada passing grade atau ambang batas nilai SKD yang ditentukan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). "Banyaknya peserta yang tidak lolos karena tidak mencapai ambang batas penilaian yang sudah ditetapkan," ungkapnya.

"Dari itu kami berharap ada kebijakan baru dari pemerintah pusat terkait masalah ini, apakah passing grade-nya diturunkan atau nilai tertinggi peserta langsung dimasukkan. Karena banyak yang tidak lolos (ambang batas nilai SKD)," jelasnya.

Tidak hanya itu, pihaknya menyampaikan kondisi tersebut tidak hanya terjadi di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam. Namun juga terjadi di daerah lain di Indonesia. "Hasil tes yang kita lakukan selama 18 hari terakhir sudah kami serahkan ke Panselnas (Panitia Seleksi Nasional) dan memang wewenang mereka yang menentukan. Karena pemerintah daerah hanya sebagai penyelenggara," imbuhnya.

Jumlah peserta yang dinyatakan lolos tes SKD terbilang sangat jauh dari kebutuhan kuota Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pamekasan. Sebab saat ini pemkab Pamekasan mendapatkan jatah sebanyak 430 orang, bahkan hasil seleksi juga tidak mencapai separuh dari kuota yang dibutuhkan. [pin/but]

Tag : cpns

Komentar

?>