Senin, 19 Nopember 2018

Bupati Tuban Minta Budaya Gotong Royong Dilestarikan

Sabtu, 10 Nopember 2018 02:57:25 WIB
Reporter : M Muthohar
Bupati Tuban Minta Budaya Gotong Royong Dilestarikan

Tuban (beritajatim.com) - Sebagai upaya melestarikan budaya Gotong Royong di kalangan masyarakat, Pemerintah Kabupaten Tuban mengadakan lomba Bulan Bakti Gotong Royong (BBGR) ke-15 tahun 2018 dengan diikuti peserta seluruh desa yang ada, Jumat (9/11/2018).

Desa yang berhasil menjadi juara 1 adalah Desa Socorejo, Kecamatan Jenu. Lomba BBRG tingkat kabupaten tersebut juga sebagai persiapan untuk mengikuti lomba BBRG tingkat Jawa Timur.

"Pelaksanaan BBGR Tahun 2018 ini merupakan tindak lanjut dari lomba BBGR di tingkat Provinsi Jatim tahun 2019 mendatang," terang Kepala Dipemas Desa dan KB Kabupaten Tuban Mahmudi.

Juara 2 direbut Desa Kebangbilo, Kecamatan Tuban dan juara 3 Desa Talun, Kecamatan Montong. Salah satu penilaian dalam lomba desa gotong royong itu adalah pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan desa yang efektif, efesien, dan tepat sasaran.

"Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan peran masyarakat dalam melestarikan gotong royong melalui partisipasi dalam pembangunan," tambahnya.

Penyerahan hadiah lomba BBGR ke-15 tahun 2018 itu berlangsung di pantai Desa Socorejo, Kecamatan Jenu. Dengan prestasi juara 1 dalam lomba tersebut, Kepada Desa (Kades) Socorejo mengaku sangat bangga dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan.

"Semangat membangun kami beserta perangkat desa sangat kompak. Prestasi ini berkat dukungan dari semua pihak," terang Kepala Desa Socorejo Arif Rahman Hakim.

Sementara itu, Bupati Tuban Fathul Huda menyatakan bahwa budaya gotong royong di Tuban harus tetap bisa terjaga dan terus dilestarikan. Pasalnya, selama ini budaya tersebut yang masih sangat kental berada di desa-desa.

"Gotong royong merupakan budaya yang sangat baik, ini termasuk salah satu budaya utama di tanah Jawa, jadi harus kita lestarikan. Budaya Gotong Royong yang harus kita tingkatkan adalah gotong royong ketika ada kematian dan juga ketika ada bencana," katanya. [mut/suf]

Tag : pemkab tuban

Komentar

?>