Kamis, 15 Nopember 2018

Dinilai Kurang Tanggap, Ketua DPRD Sumenep Dicopot?

Senin, 22 Oktober 2018 22:59:20 WIB
Reporter : Temmy P.
Dinilai Kurang Tanggap, Ketua DPRD Sumenep Dicopot?

Sumenep (beritajatim.com) - Ketua DPRD Sumenep, Herman Dali Kusuma, dikabarkan segera diganti. Penggantian jabatan tertinggi di gedung parlemen tersebut, informasinya karena yang bersangkutan dinilai tidak mampu menyelesaikan sejumlah persoalan di tubuh anggota dewan.

"SK pergantian posisi ketua dari DPP PKB sudah turun dan sudah masuk ke DPRD. Insya Allah penggantinya Dulsiam. Dalam waktu dekat, proses pergantian Ketua DPRD ini dipastikan selesai," kata ketua DPC PKB Sumenep, Imam Hasyim, Senin (22/10/2018).

Mantan ketua DPRD Sumenep ini mengungkapkan, ada beberapa alasan penggantian Ketua DPRD tersebut. Di antaranya, Surat Keputusan Badan Kehormatan (SK BK) DPRD yang hingga saat ini belum turun dari pimpinan dewan. Selain itu, kemelut pengesahan anggota Komisi Informasi (KI) hingga saat ini tak kunjung tuntas.

"Dari beberapa persoalan itu, Herman Dali Kusuma sebagai ketua dewan dinilai kurang tanggap. Karena itu, partai memutuskan untuk melakukan penggantian pemegang jabatan ketua DPRD," terangnya.

Sempat beredar sas-sus bahwa 'pencopotan' Herman Dali Kusuma dari kursi Ketua DPRD Sumenep merupakan buntut kocok ulang pimpinan Komisi III. Ketua Komisi III yang semula dijabat Sekretaris DPC PKB, tiba-tiba 'digulingkan' dan diganti dengan anggota DPRD dari PDI Perjuangan.

Namun Imam Hasyim membantah jika 'suksesi' pimpinan Komisi III disebut-sebut sebagai penyebab penggantian Ketua DPRD Sumenep.

"Tidak ada kaitannya dengan apa yang terjadi di Komisi III. Itu cuma kebetulan saja. Diganti atau tidak, itu tergantung partai. Kalau partai sudah menghendaki demikian, ya tidak ada persoalan kan? Karena itu semua memang kewewenangan partai," ucapnya. [tem/suf]

Tag : dprd

Komentar

?>