Minggu, 18 Nopember 2018

Patroli Dumay Pemilu Libatkan 50 Relawan TIK di Jember

Senin, 22 Oktober 2018 17:24:59 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Patroli Dumay Pemilu Libatkan 50 Relawan TIK di Jember

Jember (beritajatim.com) - Kepolisian Resor, Kejaksaan Negeri, dan Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Jember, Jawa Timur menandatangani nota kesepahaman dengan Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi, di markas kepolisian resor setempat, Senin (22/10/2018).

Nota kesepahaman ini terkait dengan partisipasi warga sipil untuk ikut mengamankan pemilu, terutama di dunia maya atau internet.

Ada 50 orang relawan yang akan memantau lalu lintas arus informasi dan isu di media sosial. "Patroli siber berbeda dengan dunia nyata. Kita tak hanya patroli di dunia nyata, tapi juga patroli di alam gaib, patroli di dunia maya," kata Kepala Polres Jember Ajun Komisaris Besar Kusworo Wibowo.

Menurut Kusworo, perkembangan teknologi dan informasi memunculkan kebiasaan-kebiasaan baru di kalangan generasi milenial. Kebiasaan-kebiasaan ada kalanya mengakibatkan pelanggaran hukum, yakni penyebaran berita bohong dan ujaran kebencian yang sudah masuk dalam ranah tindak pidana pemilu.

Polisi yang merupakan bagian dari Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu) berusaha melakukan pendekatan lunak dan bukan represif. Sosialisasi berperan penting, dan para relawan TIK ini menjadi ujung toimbaknya.

"Lima puluh anggota  RTIK ini membantu tugas Sentra Gakumdu untuk melakukan patroli cyber. sehingga jika ada pelanggaran di dunia maya, apakah ujaran kebencian dan berita bohong, mereka bisa  mendapat informasi lebih dulu dan melaporkannya ke Bawaslu," kata Kusworo.

Kusworo meminta kepada warga agar berhati-hati merespons suatu kabar. "Saring sebelum sharing (dibagikan)," katanya. Ia merasa terbantu dengan kehadiran RTIK, karena aparat kepolisian, Bawaslu, dan kejaksaan memiliki keterbatasan sumber daya manusia.

Ketua Bawaslu Jember Imam Tobroni Pusaka mengakui, pengawasan dunia maya tak bisa ditangani sendiri. Partisipasi masyarakat sangat dibutuhkabn. Kami belum punya tim siber di unia maya. Dengan adanya penandatanganan nota kesepahaman ini, kami berharap bisa membantu kinerja kami,": katanya. [wir/ted]

Tag : pemilu 2019

Komentar

?>