Kamis, 15 Nopember 2018

Bawaslu Jember Ingatkan Kepala Daerah

Minggu, 21 Oktober 2018 20:10:24 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Bawaslu Jember Ingatkan Kepala Daerah

Jember (beritajatim.com)--Kepala daerah adalah jabatan politik. Selama menjadi anggota partai politik, seorang kepala daerah berhak berkampanye dalam pemilu asalkan cuti dan tak menggunakan fasilitas pemerintah.

Ketua Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Jember, Imam Tobroni Pusaka, mengatakan, kepala daerah boleh berkampanye tanpa cuti hanya pada Sabtu dan Minggu.

"Tapi kalau hari kerja harus cuti. Yang diatur adalah hari kerja, bukan jam kerja. Jadi saat hari kerja seorang kepala daerah berkampanye malam hari tanpa cuti, tetap tidak bisa," katanya.

Pengajuan cuti harus dilakukan sehari sebelum kegiatan kampanye dengan tembusan kepada Bawaslu dan Komisi Pemilihan Umum.

"Cuti kembali ke aturan di Badan Kepegawaian Nasional," kata Tobroni.

Tobroni minta agar aturan ini ditaati. "Kalau tak ada cuti itu pelanggaran dan bisa masuk dalam ranah pidana pemilu," katanya.

Masalah perdebatan kehadiran kepala daerah dan wakil kepala daerah dalam kampanye sempat mencuat saat pemilihan gubernur Jatim di Jember.

Saat itu, dalam hari kerja yang sama, Wakil Bupati Abdul Muqit Arief menemani Calon Wakil Gubernur Puti Guntur Sukarno berziarah ke makam. Petang harinya, Bupati Faida menemani Puti di Alun-alun menemui warga. [wir/air]

Tag : pileg 2019

Komentar

?>