Kamis, 15 Nopember 2018

Ditolak FPI, Barikade Gus Dur Dukung Festival Gandrung Sewu

Jum'at, 19 Oktober 2018 12:15:04 WIB
Reporter : Rahardi Soekarno J.
Ditolak FPI, Barikade Gus Dur Dukung Festival Gandrung Sewu

Surabaya (beritajatim.com) - Ketua Barikade Gus Dur Jawa Timur, Ahmad Arizal mendukung penuh pelaksanaan acara Festival Gandrung Sewu di Banyuwangi, yang ditolak oleh FPI.

"Sehubungan dengan adanya  penolakan pelaksanaan Festival Budaya Gandrung Sewu Banyuwangi oleh kelompok intoleran di Banyuwangi, maka Barikade Gus Dur Jatim mendukung penuh pelestarian khasanah budaya dan kearifan lokal. Ini agar tetap terjaga dan lestari sepanjang waktu tanpa ada gangguan dari kelompok manapun," tegasnya kepada beritajatim.com, Jumat (19/10/2018).

Barikade Gus Dur Jatim akan meneguhkan sikapnya sebagai kader Gus Dur terhadap visi berbangsa dan bernegara yang harus mengayomi semua komponen bangsa. "Tidak boleh lagi ada pelarangan tradisi-tradisi budaya oleh kelompok- kelompok intoleran," tukasnya.

Pemkab Banyuwangi memastikan tetap menggelar Festival Gandrung Sewu 2018, meski mendapat penolakan dari Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Front Pembela Islam (FPI) Banyuwangi. Pemkab beralasan tari gandrung merupakan warisan seni dan budaya asli Banyuwangi yang saat ini sudah diakui dunia.

Kegiatan Festival Gandrung Sewu sedianya digelar di Pantai Boom Banyuwangi pada Sabtu (20/10/2018) besok. Kegiatan ini sudah digelar tujuh kali di tempat yang sama. Sebanyak 1.300 penari akan menarikan Gandrung, tarian khas Banyuwangi. (tok/kun)

Komentar

?>