Kamis, 22 Nopember 2018

Wabup Jember Minta Dinkominfo Antisipasi Hoaks Pemilu

Kamis, 18 Oktober 2018 23:12:22 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Wabup Jember Minta Dinkominfo Antisipasi Hoaks Pemilu

Jember (beritajatim.com) - Wakil Bupati Abdul Muqit Arief prihatin dengan munculnya hoaks soal pemilu yang menyasar  Kepala Penyelenggara Syariah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember, Muhammad Muslim. Ia meminta Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Jember, Jawa Timur, agar proaktif memerangi hoaks.

Foto Muslim terpampang dalam sebuah meme di akun Twitter @oliviachairina. Dalam meme itu tertulis kalimat judul dan kutipan seseorang yang bernama Sulaeman, Wakil Ketua EKS 212. Judul meme: PA 212 Muak dengan Prabowo. Kutipan: "Kami Eks 212 mengajak bersama-sama untuk mendukung Jokowi Ma'ruf Amin karena kubu Prabowo hanya akan menurunkan citra dan menghancurkan PA 212".

Muslim merasa dirugikan dengan meme itu. Ia pun melaporkan hal tersebut kepada Badan Pengawas Pemilu Jember.

"Saya kira memang sekarang ini, walau berulang kali ada gerakan anti hoaks, hoaks selalu muncul. Tidak ada yang lebih bijak selain masyarakat memfilter berita-berita yang mereka terima. Jadi tidak serta-merta berita diterima begitu saja, dan sebisa mungkin diklarifikasi kepada pihak bersangkutan," kata Muqit.

Hasil penyelidikan polisi di sejumlah tempat menunjukkan bahwa produsen dan penyebar hoaks justru aparatur sipil negara (ASN). Muqit meminta agar ASN menjaga kondusivitas wilayah. "Kalau betul-betul ASN menyebarkan hoaks, paling tidak ada teguran," katanya.

Muqit memandang Dinkominfo perlu bertindak proaktif. "Dinkominfo adalah corong Pemkab menyebarkan informasi-informasi obyektif," katanya. [wir]


Tag : hoax

Komentar

?>