Kamis, 22 Nopember 2018

KPU Kabupaten Kediri Gelar Deklarasi Kampanye Damai

Rabu, 17 Oktober 2018 13:26:50 WIB
Reporter : Nanang Masyhari
KPU Kabupaten Kediri Gelar Deklarasi Kampanye Damai

Kediri (beritajatim.com) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kediri menggelar Deklarasi Kampanye Damai bareng tim sukses dua pasangan calon presiden wakil predisen tahun 2019 dan seluruh partai politik peserta pemilu.

Melalui deklarasi ini, seluruh elemen sepakat menciptakan pemilu damai, aman, demokratis dan kondusif.

Deklarasi ini berlangsung di halaman Kantor KPU Kabupaten Kediri jalan pamenang nomor 1 Kediri. Hadir dalam kegiatan ini, musyawarah pimpinan daerah (muspida) setempat terdiri dari Pemkab Kediri, kepolisian dan TNI.

Deklarasi kampanye damai diikrarkan oleh seluruh ketua partai peserta pemilu tahun 2019. Selanjutnya diteruskan dengan penandatanganan komitmen bersama untuk menciptakan pemilu yang damai, aman kondusif serta demokratis, serta anti hoax, bebas isu sara maupun praktek politik uang.

Pada deklarasi kampanye damai ini juga diluncurkan gerakan melindungi hak pilih (GMHP). Dimana, KPU Kabupaten Kediri menghimbau seluruh masyarakat yang sudah memiliki hak pilih dibuktikan dengan nomor induk kependudukan (NIK) agar memastikan namanya tercantum dalam daftar pemilih.

Caranya dengan datang ke kantor desa untuk melihat pengumuman DPT. Kedua melakukan pengecekan pemilih di laman www.lindungihakpilihmu.kpu.goId. Terakhir mendownload aplikasi mobil KPU RI PEMILU 2019.

"Tahapan pemilu begitu panjang. Kita sepakati bersama agar pemilu berjalan damai, aman demokratis dan kondusif. Ini komitmen bersama tidak hanya dalam pembacaan ikrar saja. Tetapi kita implementasikan. Ini harus menjadi perhatian kita bersama," kata Ketua KPU Kabupaten Kediri, Sapta Andaru Iswara, Rabu (17/10/2018).

"Harus disepakati bersama babwa pelaksanaan kampanye tanpa hoax, tanpa isu SARA, politik uang dan mengedukasi kepada masyarakat dengan cara yang baik sesuai cara sesuai aturan dan UU yang berlaku," imbuhnya.

Rangkaian deklarasi kampanye damai ini diakhiri dengan pelepasan balon ke udara. Ratusan balon tersebut membawa spanduk bertuliskan pemilu damai agar seluruh masyarakat mengetahuinya. (nng/ted)

Tag : pemilu 2019

Komentar

?>